Panduan Dan Syarat Membuat SIM Dengan Mudah Sesuai Prosedur

0

OTONITY.com – Membuat SIM Baru, Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan kewajiban bagi semua orang yang ingin mengendarai kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil. Sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang begitu paham mengenai arti dari SIM itu sendiri dan juga apa saja perbedaan-perbedaan antara SIM khusus untuk pengendara roda dua dengan roda empat dan sejenisnya.

Untuk anda yang ingin membuat SIM baru berikut ulasan tentang peraturan serta syarat syarat membuat SIM yang harus dipenuhi :

Seperti yang tertera pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM. SIM terbagi menjadi dua yaitu untuk perseorangan dan kendaraan bermotor umum.

Bagi calon pemohon SIM sebelum datang ke Kantor Satuan Pelaksana Administrasi (Satpas)  harus sudah pernah belajar dan menguasai tentang mengemudi kendaraan yang bisa ditempuh dengan cara pendidikan atau pelatihan melaui lembaga dan bisa juga belajar sendiri dengan didampingi oleh ahlinya.

Baca juga: Cara Membuat SIM C

Untuk SIM perorangan terdiri dari lima bagian diantaranya :

  • SIM A, Pengemudi mobil penumpang dan barang dengan jumlah berat kurang dari 3,5 ton
  • SIM B I, Pengemudi mobil penumpang dan barang dengan jumlah berat lebih dari 3,5 ton
  • SIM B II, Pengemudi alat berat, kereta penarik, kendaraan bermotor yang menarik kereta dan sejenisnya dengan berat lebih dari 1 ton.
  • SIM C, Pengemudi sepeda motor
  • SIM D, Pengemudi kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas.

Untuk SIM Kendaraan bermotor umum diantaranya :

  • SIM A Umum,pengemudi kendaraan bermotor umum dan barang dengan beban kurang 3,5 ton
  • SIM B I Umum, pengemudi kendaraan bermotor umum dan barang dengan jumlah berat lebih dari 3,5 ton.
  • SIM B II Umum, pengemudi kendaraan penarik atau kendaraan bermotor yang menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat lebih dari 1 ton

Setelah anda mengetahui beberapa jenis SIM maka tugas selanjutnya adalah mendatangi Samsat terdekat di Kota atau daerah Anda. Namun sebelum itu anda harus memenuhi beberapa persyaratan seperti usia sudah mencukupi, sehat, melengkapi administrasi dan lulus ujian tes. Untuk syarat minimal usia SIMA A, C dan D harus diatas 17 tahun. Sedangkan untuk SIM B1 20 tahun dan SIM B II 21 tahun.

panduan buat ujian sim, cara bikin sim, syarat standar mbuat sim, apasaja pengetesan mmbuat sim, prosedur membuat sim untuk pemula, prosedur sim baru, starat syarat bikin sim, syarat bgi pemula bikin SIM, syarat bikin sim c 2017, syarat buat sim

SHARE
Previous articleHarga Suzuki GSX-R150 Indonesia Mulai Rp 27 Jutaan?
Next articleIni Penyebab Mobil Berbunyi Tek-Tek Saat Belok
Lahir di Palembang, Berasal dari keluarga kurang berada tidak membuatnya putus asa dan bisa melanjutkan pendidikan hingga Strata I dengan berkerja paruh waktu. Bergabung dengan OTONITY.com sejak Oktober 2013.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY