Home Jenis Mobil Hatchback Ini Perbedaan Honda Brio RS Dan Brio Satya LCGC

Ini Perbedaan Honda Brio RS Dan Brio Satya LCGC

1031
0

OTONITY.com – Perbedaan Honda Brio Dan Brio Satya, PT Honda Prospect Motor (HPM) memiliki dua model Brio yang dipasarkan yaitu tipe RS dan Satya LCGC. Dari namanya saja sudah bisa diketahui kalau untuk Honda Brio RS merupakan tipe tertinggi dengan tampilan yang jauh berkelas dibandingkan dengan saudaranya yakni Honda Brio Satya yang ada di segmen LCGC. Selain itu ada beberapa perbedaan lain yang dimiliki antara kedua varian tersebut. Apa sajakah itu?

Desain

Dari segi bodi Honda Brio RS tidak jauh berbeda dengan Brio Satya yaitu dengan panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Untuk tampang depan juga nyaris sama dengan memakai lampu depan yang sipit dan grill berkelas mirip seperti Honda Mobilio. Perbedaan utamanya Honda Brio RS menggunakan lampu proyektor serta LED.

honda-brio-satya-vs-brio-rs
img: Kompas Otomotif

Perbedaan Brio dan Brio Satya lainnya dari segi eksterior yang cukup mencolok terletak pada sektor velg dimana untuk Honda Brio RS memiliki ukuran 15 inci dengan menggunakan ban Bridgestone Potenza 185/55 sedangkan Brio Satya hanya 14 inci ban Dunlop Ensave 175/55.

Kemudian untuk bagian samping Honda Brio RS dilengkapi side under spoiler dan garnish dibawah kaca belakang berukuran lebih kecil dari Satya. Tidak hanya itu saja Spion milik Brio RS juga memakai model lipat sementara itu untuk Satya hanya menempel dibodi samping.

honda-brio-satya-vs-brio-rs-terbaru
img: Kompas Otomotif

Interior

Beralih ke bagian interior sudah bisa dipastikan kalau milik Honda Brio RS jauh lebih modern dengan nuansa hitam sedangkan untuk Brio Satya berwarna Ivory. Kemudian untuk Head Unit RS juga lebih besar yaitu mencapai 6,2 inci layar sentuh. Brio Satya memiliki empat speaker di masing-masing pintu namun untuk RS memiliki tambahan tweeter.

Mesin

Tidak ada perbedaan spesifikasi mesin antara Brio Satya dengan Brio RS. Keduanya sama-sama mengusung dapur pacu berkapasitas 1.2 liter i-VTEC yang sanggup menghasilkan tenaga mencapai 90 Ps dan torsi puncak 110 Nm. Sebelumnya PT HPM pernah memiliki pilihan mesin 1.3 liter namun penjualannya dihentikan pada 2013 silam. Untuk urusan performa Brio RS memang lebih baik karena memiliki suspensi yang kaku.

Harga

Soal harga Honda Brio RS dibanderol lebih mahal yaitu mulai Rp 159,7 juta untuk tipe Manual sedangkan pada varian CVT dibanderol Rp 174,7 juta. Sementara itu untuk Honda Brio Satya dijual dengan harga Rp 129,6 juta pada tipe S manual, kemudian Rp 134,6 juta untuk E Manual dan Rp 149,6 juta tipe E CVT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here