Home Motor Motor Matik Jadi Boros Bensin, Ternyata Ini Penyebabnya

Motor Matik Jadi Boros Bensin, Ternyata Ini Penyebabnya

2528
0

OTONITY.com – Motor Matik Boros Bensin, Populasi motor matik di Indonesia terus tumbuh dengan pesat dan menjadi pilihan utama bagi para konsumen yang baru pertama kali membeli sepeda motor. Banyak beranggapan kalau motor matik memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak terdapat pada motor bebek atau motor sport, salah satunya yaitu lebih praktis. Selain nyaman digunakan motor matik juga dianggap lebih hemat bahan bakar, apalagi dalam beberapa tahun terakhir para pabrikan sepeda motor menyematkan mesin dan juga teknologi baru yang membuat konsumsi bensin pada skuter matik menjadi semakin irit.

Namun tidak jarang pula setelah digunakan lebih dari setahun terkadang motor matik tersebut terasa semakin boros dalam mengkonsumsi bahan bakar. Tentunya anda harus curiga apabila skutik anda mengalami hal tersebut karena itu berarti ada komponen yang bermasalah dan harus segera ditangani.

Sebenarnya konsumsi bahan bakar milik motor matik yang tiba-tiba menjadi boros bukan berasal dari kesalahan pihak pabrikan, melainkan dari pemiliknya yang tidak pernah atau jarang melakukan perawatan secara rutin sehingga komponen yang seharusnya selalu periksa justru dibiarkan tanpa penanganan sama sekali.

cvt-motor-matik-bermasalah

Penyebab Motor Matik Menjadi Boros Bensin

Beberapa bagian kerusakan komponen yang menyebabkan konsumsi bahan bakar motor matik menjadi boros diantaranya filter udara. Apabila filter udara skuter tersebut kotor maka bisa menyebabkan konsumsi bensin semakin boros karena aliran udara yang masuk ke dalam mesin tidak lancar sehingga bensin terbuang lebih banyak. Solusinya jika sudah aus segera ganti dengan yang baru atau bila belum rusak bisa dibersihkan secara berkala tergantung dari pemakaian.

Komponen lain selain filter udara yaitu blok silinder terdapat kerak yang membuat pembakaran menjadi tidak sempurna dan tentu saja mempengaruhi pengeluaran bahan bakar. Solusinya bersihkan kerak karbon dari blok mesin tersebut dengan cara membongkarnya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jangan membongkar sendiri dan bawa saja ke diler resmi dari merek motor anda.

Baca juga: Tips Merawat Motor Matik Agar Lebih Hemat BBM

Penyebab yang terakhir bisa juga dikarenakan komponen CVT yang sudah aus sehingga membuat pergerakan atau perputaran roda menjadi berat. Dengan begitu pengeluaran bahan bakar pun menjadi lebih cepat, solusinya segera ganti komponen yang sudah aus tersebut dengan yang baru.

Apabila Anda merasakan motor matik kesayangan menjadi lebih boros dari biasanya, segera bawa ke bengkel langganan dan tanyakan kepada teknisi beberapa poin di atas yang menjadi penyebab utama motor matik menjadi boros. Apabila memang ada beberapa part yang mengalami masalah dan disarankan untuk diganti, lebih baik segera diganti dengan spare-part yang baru demi keamanan dan keselamatan Anda sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here