Home Jenis Mobil City Car Teknik Mengemudi Mitsubishi Mirage Hemat BBM (Eco Driving)

Teknik Mengemudi Mitsubishi Mirage Hemat BBM (Eco Driving)

375
0

OTONITY.com – Cara Mengemudi Mitsubishi Mirage Matic, Belum lama ini PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang menjadi distributor resmi Mitsubishi di Indonesia memberikan penyegaran pada salah satu city car mereka yaitu Mitsubishi New Mirage. Untuk memperkenalkan fitur-fitur terbaru yang dimiliki pada mobil yang dikenal cukup irit ini dilakukan media test drive dari Surabaya-Malang dengan jarak tempuh sekitar 200 km pada bulan September kemarin (29/09).

Dengan mencoba langsung mengemudi Mitsubishi New Mirage kita dapat membuktikan seberapa irit konsumsi BBM sebuah mobil. Selain dipengaruhi oleh performa mobil itu sendiri, juga dibutuhkan teknik/skill berkendara hemat BBM atau dikenal dengan istilah eco driving. Kedua hal di atas memang tidak dapat dipisahkan apabila menginginkan pemakaian bahan bakar yang lebih hemat, terutama pada saat melintasi jalur dalam kota yang padat mengharuskan sering stop & go. Berikut di bawah ini ada 7 teknik mengemudi Mitsubishi New Mirage versi matic yang bisa dipraktekkan pada kondisi jalan dalam kota maupun luar kota.

7 Cara Mengemudi Hemat Bahan Bakar

1. Akselerasi

Pada saat menekan pedal gas usahakan sehalus mungkin, jangan asal injak karena apabila terlalu cepat dan terlalu dalam membuat tenaga yang dikeluarkan tidak sesuai dengan perseneleng saat mobil mulai meluncur. Setelah mobil berjalan usahakan gigi transmisi sesuai dengan kecepatan dan melajulah secara konstan.

Mulailah mengemudi dari posisi diam pada 5 detik pertama dengan kecepatan 20 km/jam untuk hasil eco driving yang maksimal. Kemudian baru sesuaikan gigi transmisi dengan bertambahnya kecepatan. Apabila ingin menyalip kendaraan lain, injak pedal gas lebih dalam dan apabila sudah tersusul segera lepaskan pedal gas dan atur kembali kecepatan dengan pemilihan gigi perseneleng yang tepat sehigga mesin tidak meraung.

2. Memindahkan Gigi

Mitsubishi New Mirage merupakan City Car dengan mesin 3 silinder yang memiliki torsi besar pada putaran bawah. Maka dari itu pada saat melakukan perpindahan gigi pada putaran mesin 1.500 – 2000 tidak akan merasakan kekurangan tenaga. Jadi lakukan perpindahan gigi pada rpm tersebut sama seperti teknik pertama dengan sehalus mungkin. Injak dan lepas pedal kopling kemudian pindah gigi perseneleng dan injak pedal gas, lakukan semuanya itu dengan cepat. Pada saat mobil melaju, jangan dibiasakan menaruh kaki kiri pada pedal kopling.

3. Pengereman

Teknik pengereman yang tepat dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Gunakan cara progressive braking, yaitu sudah menekan pedal rem perlahan-laham dari jauh. Hindari pengereman secara mendadak karena selain berbahaya dan tidak nyaman bagi penumpang juga bisa membuat konsumsi bbm menjadi lebih boros.

4. Jaga Kecepatan

Tujuan awal berkendara eco driving adalah memaksimalkan konsumsi bahan bakar, maka usahakan selalu melaju dengan kecepatan konstan dan gunakan gigi tertinggi yang sesuai dengan kecepatan mobil. Sering sering melepas pedal gas dan biarkan mobil melaju sendiri pada saat berada di jalan lurus agar putaran mesin berkurang. Kemudian injak pedal gas secara perlahan untuk mendapatkan kecepatan konstan kembali.

Kondisi di atas tentunya sulit dicapai pada saat berada di jalur dalam kota. Yang paling utama adalah kecepatan konstan, jadi apabila berada di dalam kota usahakan tidak terlalu sering stop and go.

5. Posisi Tanjakan

Selain kemacetan, kondisi jalan tanjakan merupakan hal yang seharusnya dihindari untuk mendapatkan konsumsi bbm secara maksimal. Inilah salah satu keunggulan mesin Mitsubishi yang cukup baik pada putaran rendah, jadi meskipun melintasi jalan tanjakan Mitsubishi New Mirage masih tetap hemat konsumsi bahan bakarnya.

Pada saat menanjak usahakan putaran mesin tidak lebih dari 2.500 rpm, jika rpm turun, pindahkan ke gigi perseneleng ke posisi lebih rendah lagi untuk mesin manual.

Sedangkan untuk mesin matic CVT, posisikan tuas transmisi di S agar mobil melakukan perpindahan gigi di rpm yang lebih tinggi. Jika sudah melalui tanjakan, segera kembalikan tuas transmisi pada posisi D.

6. Penggunaan AC

Keberadaan AC tentu sangat membantu untuk menyesuaikan susu udara di dalam mobil. Terlebih lagi pada saat panas terik, AC dalam posisi menyala adalah sebuah kewajiban. Penggunaan AC sebenarnya membebani kinerja mesin dan akibatnya membuat konsumsi bbm lebih boros. Cara memaksimalkan penggunaan AC adalah dengan mengatur suhu AC jangan terlalu rendah karena akan membebani kompresor. Pada Mitsubishi New Mirage lebih baik gunakn setting auto untuk mendapatkan temperatur yang ideal.

7. Emosi

Teknik yang terakhir adalah mengendalikan emosi, karena pada saat mengemudi di jalan raya banyak sekali kejadian tidak terduga. Oleh karena itu dibutuhkan emosi yang stabil selain untuk memaksimalkan performa mobil, dan juga tidak kalah pentingnya keselamatan pengemudi. Emosi yang tidak stabil dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Usahakan mengemudi dalam posisi santai, nyalakan musik untuk menemani perjalanan sehingga lebih rileks. Jika memungkinkan hindari jalur lalu lintas padat karena dapat menyulut emosi saat terjebak macet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here