Home Mobil Ini Deretan Mobil Irit BBM MPV, SUV, Hatcback (Semua Segmen)

Ini Deretan Mobil Irit BBM MPV, SUV, Hatcback (Semua Segmen)

2071
0

OTONITY.com – Data Mobil Irit BBM Terbaru, Sebelum Anda membeli sebuah mobil baru tentunya akan mempertimbangkan beberapa faktor terlebih dulu seperti desain, kenyamanan, keamanan, harga dan efisiensi bahan bakar.

Dari sekian banyak faktor tersebut irit bahan bakar adalah yang paling utama bagi konsumen sebab semakin hemat konsumsi bensin kendaraan tersebut maka semakin sedikit pula pengeluaran setiap harinya. Memang sekarang sudah banyak produsen otomotif roda empat yang mengeluarkan mobil terbaru dengan harga murah dan efisien bahan bakar salah satunya yaitu yang berjenis LCGC.

Konsumsi BBM sebuah mobil selain dipengaruhi dari performa mobil itu sendiri juga bergantung pada beberapa faktor yaitu kondisi lalu lintas dan skill pengemudi apakah dapat mengemudi dengan konsep eco driving yang hemat bbm.

Baca juga: Teknik Mengemudi Hemat BBM Eco Driving

Berikut kami berikan daftar mobil mobil hemat BBM untuk digunakan sehari-hari :

  1. Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Datsun GO Panca

Untuk yang pertama ada mobil-mobil dari kelas Low Cost green car (LCGC) seperti Toyota Calya Daihatsu sigra dan Datsun Go Panca. Ketiganya tidak hanya memiliki harga murah namun juga terkenal irit bahan bakar, khusus untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil MPV kembar yang baru saja diluncurkan oleh pihak Astra pada pertengahan tahun ini, ketika dilakukan pengetesan mobil berpenumpang 7 orang tersebut mampu mengkonsumsi bahan bakar hingga 20 km/liter.

Toyota Calya tipe G transmisi otomatis misalnya saat dilakukan pengetesan bisa mengkonsumsi bahan bakar mencapai 19 kilometer per liter dengan metode uji coba yaitu untuk mengangkut 4 orang dan terdapat beberapa barang didalamnya.

Sedangkan untuk Datsun Go Panca mencatat angka konsumsi yang jauh lebih baik yakni bisa mencapai 22 km/liter namun  dalam kondisi mobil hanya mengangkut satu orang saja.

  1. Honda Civic dan Toyota Corolla Altis

Di kelas sedan ada Honda Civic Turbo dan Toyota Corolla Altis, dua mobil berdesain keren ini sama-sama hemat bahan bakar dan sangat cocok digunakan sehari-sehari sebagai contoh Honda Civic Turbo yang baru saja diluncurkan di pasar Indonesia beberapa waktu lalu mengusung mesin lebih kecil yaitu 1,5 liter namun dilengkapi teknologi Turbo.

Pihak Honda mengklaim dengan adanya teknologi baru tersebut membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat hingga 30% dibandingkan Civic lama yang saat itu memakai mesin 1,8 liter konvensional.

Saat dilakukan pengetesan rata-rata konsumsi bahan bakar Honda Civic Turbo mampu mencapai angka 20 sampai 21 kilometer per liter di jalan bebas hambatan dengan cara pengetesan mengaktifkan eco mode dan dipacu dalam kecepatan 60 km/jam.

Sementara itu untuk Toyota Corolla Altis dengan mesin 1,8 liter ketika dilakukan uji coba pengetesan bisa memperoleh angka 18 km/liter.

  1. Suzuki S-Cross

Di segmen mobil crossover ada nama Suzuki S-Cross yang diklaim sangat hemat bahan bakar, mobil yang baru diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil sales (SIS) tersebut dibekali mesin berkapasitas 1.491cc VVT DOHC dan saat dilakukan pengetesan oleh pihak internal SIS Suzuki S-Cross mampu mencatat angka 14,8 km per liter.

  1. Honda Freed dan Toyota Sienta

Untuk kelas MPV ada Toyota Sienta dan Honda Freed dimana kedua mobil yang sama-sama menganut sistem pintu geser tersebut diklaim sama-sama irit bahan bakar, Toyota sienta misalnya yang baru diluncurkan pada bulan april 2016 lalu diklaim mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar mencapai 11 km/liter sedangkan untuk Honda Freed sedikit lebih rendah yaitu 10 km per liter saat dilakukan pengujian dalam kota.

Perlu diketahui baik Toyota Sienta ataupun Honda Freed sama-sama dibekali mesin berkapasitas 1,5 liter namun bedanya Sienta mengusung mesin baru yang lebih responsif dan ringan.

  1. Toyota Fortuner dan Mitsubihsi Pajero Sport

Yang terakhir yaitu segmen SUV ada mama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, untuk Toyota Fortuner dibekali mesin diesel berkapasitas 2,4 liter type new Super GT engine VNT Turbo dan ada juga pilihan mesin bensin 2,7 liter new dual VVT-i. Pihak Toyota mengklaim dengan adanya mesin baru tersebut membuat Fortuner lebih hemat 10% dibandingkan dengan versi lama.

Soal konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner mampu mencatat 6 km/liter pada varian bensin sedangkan untuk mesin diesel 11 km/liter.

Kemudian untuk pesaingnya yakni All New Mitsubishi Pajero Sport dengan mesin berkapasitas 2.4 liter dan 2.5 liter memiliki konsumsi bahan bakar hingga 9 km/liter.

Untuk segmen mobil keluarga ada Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kemudian untuk segmen hatchback ada Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift dan Mitsubishi Mirage. Untuk Mirage sendiri didapatkan data konsumsi bbm hingga kurang-lebih 25km/liter dalam beberapa pengetesan saat dilakukan media test drive beberapa waktu lalu dalam perjalanan Surabaya-Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here