Friday, October 14th, 2016 - Aksesoris, Motor, News

OTONITY.com – Beberapa motor sport keluaran terbaru di Indonesia sudah banyak yang menggunakan suspensi model upside Down, suspensi yang satu ini juga mulai marak digunakan oleh para pecinta sepeda motor dengan beberapa alasan mulai dari penunjang kenyamanan sampai dengan hanya ikut-ikutan gaya saja. Mungkin sebagian dari anda masih belum mengetahui betul tentang apa itu suspensi upside Down dan apa saja perbedaannya dengan suspensi teleskopik yang sering dipakai pada umumnya.

Banyak yang bilang suspensi merupakan kebalikan dari teleskopik. Daripada penasaran mari kita simak apa perbedaan shock biasa dan suspensi upside down berikut di bawah ini:

Suspensi Upside Down

suspensi upside down biasanya terbuat dari bahan aluminium dan magnesium namun ada juga yang dicampur dengan besi baja sehingga tetap kuat. Itulah sebabnya harga dari suspensi jenis ini juga jauh lebih mahal ketimbang teleskopik.

yamaha-xabre-2016

Pemasangan suspensi upside down juga berbeda dimana untuk pipa yang ukuran kecil justru berada dibagian bawah menyatu dengan as roda depan sedangkan untuk pipa besar terikat dengan segitiga setang. Bagian inilah juga yang membuat para pemilik motor tertarik dan ingin mencobanya karena terlihat berbeda dengan motor sport pada umumnya.

Berbicara soal kelebihan shock upside down bisa dikatakan cukup banyak, salah satunya lebih nyaman digunakan karena minim getaran saat melintasi jalanan terjal. Selain itu dengan pipa besar yang terletak dibagian atas membuat motor menjadi lebih anteng saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Namun suspensi Upside Down juga memiliki beberapa kelemahan misalnya saja suspensi akan bekerja lebih keras karena semua beban tertumpu pada pipa kecil yang terletak dibagian bawah, selain itu tidak menutup kemungkinan pula pipa kecil bisa patah ketika terjebak ke dalam lubang.

Harga Shock Upside Down

Shock Uupside Down Single Disc

  • Shock depan Trail Model TS125 : Rp 1.300.000
  • Shock Sport Upsidedown Single Disc gold : Rp 2.100.000

Shock Upside Down Double Disc

  • Shock sport upsidedown double disc Red : Rp 2.500.000
  • Shock Sport Upsidedown Double Disc Orange : Rp 2.500.000
  • Shock Sport Upsidedown Double Disc black gold : Rp 2.500.000

Suspensi Teleskopik

Sedangkan untuk suspensi teleskopik memiliki harga yang lebih terjangkau karena biasanya terbuat dari besi baja sama seperti yang digunakan pada rangka motor tersebut. Cara kerja dari suspensi teleskopik tentu saja kebalikannya upside down dimana untuk tabung besar ada dibagian bawah sedangkan yang kecil menyatu dengan segitiga setang.

yamaha-vixion-2016

suspensi teleskopik memiliki kelebihan utama yaitu tidak mudah patah karena tabung bawah berukuran besar. Meskipun begitu suspensi teleskopik juga memiliki beberapa kelemahan misalnya saja daya redam getaran kurang begitu baik sehingga terjadi getaran ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Untuk harga shock teleskopik bervariasi tergantung jenis motor dan juga toko sparepart yang bersangkutan. Tentunya harga suspensi teleskopik lebih murah apabila dibandingkan tipe upside down, untuk motor sport harganya kisaran Rp 500 ribu – Rp 1 jutaan.

Baca juga: Lebih Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down

Kesimpulan

Itulah perbedaan antara suspensi teleskopik dan suspensi upside down, bisa disimpulkan bahwa penggunaan suspensi tersebut juga tergantung dari motor itu sendiri. Untuk teleskopik lebih cocok untuk motor pekerja keras seperti offroad, jalanan dengan daerah terjal ataupun untuk jarak jauh. Sedangkan upside down lebih cocok dipakai oleh motor sport balap.

Kupas Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Upside Down

Tips Mudah Mengganti Shockbreaker Pada Sepeda Motor

Cara Memilih Shock Breaker Motor Yang Asli

Motor Matic Yamaha XMAX 250 Meluncur, Ada 4 Pilihan Warna

Daftar Harga Aksesoris Suzuki GSX-R150 2017

Harga Aksesoris Resmi Suzuki GSX-S150 2017

Toyota Great Corolla – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat

Toyota Soluna Bekas – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat