Perbandingan Merek Yamaha vs Honda, Lebih Unggul Mana?

0

OTONITY.com – Kelebihan Kekurangan Yamaha vs Honda, Di industri otomotif dunia khususnya roda dua ada banyak sekali pabrikan yang mencoba meramaikan pasar, namun di Indonesia sendiri hanya ada dua nama saja yang mampu menarik minat konsumen yaitu Yamaha dan Honda. Dua merek asal Jepang tersebut memang masih mendominasi pasar tanah air setidaknya sampai akhir tahun 2016 ini.

Terlebih lagi popularitas dari Yamaha dan Honda juga didukung dengan adanya balap MotoGP sehingga semakin mendongkrak nama brand untuk pasar. Meskipun akhir-akhir ini Suzuki meraih prestasi yang memuaskan di MotoGP tetapi belum mempengaruhi penjualan motornya untuk setidaknya menyamai pencapaian Honda dan Yamaha di Indonesia.

Baik Honda ataupun Yamaha sama-sama memiliki produk unggulan di semua segmen baik itu motor matik, motor bebek ataupun motor sport. Lalu apa saja kelebihan dan kelemahan merk Yamaha dan Honda beberapa segmen motor tersebut?

Motor matik

honda-beat-vs-yamaha-mio-z

Di kelas motor matik Honda dikenal oleh masyarakat memiliki model yang lebih hemat bahan bakar, entah itu hanya image atau memang kenyataan namun faktanya banyak konsumen Indonesia yang lebih banyak membeli skuter Honda karena faktor efisien BBM.

Sedangkan untuk motor matik Yamaha dikenal memiliki desain lebih atraktif dan lincah bermanuver. Beberapa skuter yang menjadi andalan diantaranya Yamaha Mio dengan Honda BeAT, Honda Vario dan Yamaha Xeon, Honda scoopy dan Yamaha Fino serta Honda PCX dengan Yamaha NMAX. Baru-baru ini Yamaha punya NVX untuk bersaing dengan Vario 150.

Motor bebek

yamaha-mx-king-vs-honda-supra-gtr-150

Untuk motor bebek memang tidak terlalu banyak pilihan karena memang sebagai pelengkap dan tidak begitu diminati oleh konsumen motor tanah air, meskipun begitu tidak sedikit pula masyarakat yang tetap memilih motor jenis ini untuk berbagai kebutuhan salah satunya alasannya yaitu dari segi harga yang relatif lebih murah, selain itu banyak yang beranggapan kalau mesin dari motor bebek juga lebih bandel ketimbang skuter.

Motor bebek Honda tetap dianggap hemat bahan bakar daripada milik Yamaha walaupun sebenarnya memiliki selisih angka yang tidak jauh berbeda. Namun lagi-lagi untuk urusan desain Yamaha sedikit diunggulkan sebut saja Jupiter Z1 ataupun Yamaha MX King. Sedangkan untuk Honda ada nama Honda Supra X atau yang sekarang ganti menjadi Supra GTR dan Honda Sonic 150.

Motor sport

motor-sport-150-cc-di-indonesia

Terakhir di kelas motor sport bisa dikatakan keduanya nyaris seimbang baik dari segi desain maupun akselerasinya. Baik motor sport kelas 150 cc maupun 250 cc milik dua pabrikan tersebut sama-sama mengadopsi desain dan juga teknologi MotoGP, misalnya saja Yamaha R15 dengan Honda CBR150R dan Yamaha Vixion dengan Honda CB150R StreetFire.

Baca juga: Perbandingan Yamaha R15 vs Honda CBR150 Facelift

Kemudian lagi yang terbaru yaitu Honda CBR250RR yang baru saja dirilis untuk mengisi persaingan di kelas 250cc bersama Yamaha R25 untuk mengganggu Kawasaki Ninja 250 yang sekarang merajai di kelas ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY