Home Motor Tips Mudah Memperbaiki Rem Motor Yang Masuk Angin

Tips Mudah Memperbaiki Rem Motor Yang Masuk Angin

493
0

OTONITY.com – Perbaiki Rem Motor Blong Masuk Angin, Sistem pengereman menjadi bagian yang paling penting bagi sebuah kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua. Rem menjadi salah satu komponen yang tidak boleh dianggap sepele dan harus selalu mendapat perhatian yang lebih. Seperti yang kita ketahui bahwa rem motor tidak berfungsi hanya untuk mengurangi kecepatan dari laju kendaraan agar bisa terhindar dari benturan atau tabrakan tetapi juga banyak hal lainnya.

Untuk itulah pemilik kendaraan harus selalu merawat kondisi rem secara berkala karena jika tidak mendapat perawatan maka rem tersebut bisa saja mengalami masalah karena pemakaian yang terus menerus dalam waktu cukup lama, tentu saja bila hal ini terus dibiarkan maka bisa membahayakan keselamatan pengemudi itu sendiri. Salah satu masalah yang biasanya sering muncul adalah rem motor masuk angin atau blong mendadak. Sangat berbahaya sekali apabil sedang melaju di jalan turunan atau di lalulintas yang padat.

cara-perbaiki-rem-masuk-angin

Di Indonesia sendiri rata-rata memiliki tiga jenis rem motor yaitu cakram, rem tromol dan rem angin. Rem cakram mulai populer digunakan pada era modern karena dianggap memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan rem tromol. Selain itu dengan menggunakan rem cakram bisa membuat tampilan kendaraan khususnya sepeda motor terlihat lebih stylish.

Rem cakram bekerja dengan cara menjepit piringan cakram yang dipasang pada roda kendaraan, piringan tersebut disanding pula oleh kaliper yang digerakkan oleh piston. Namun meskipun dianggap memiliki banyak kelebihan ternyata rem cakram juga memiliki beberapa kekurangan dan yang paling sering timbul yaitu rem tersebut masuk angin atau ketika rem di tekan justru tidak ada tekanan sama sekali.

Berikut cara mengatasi rem masuk angin pada motor :

  1. Anda bisa melepas terlebih dulu piringan cakram tersebut. Yang pertama anda bisa mengendorkan terlebih dulu baut pada perapat selang rem yang terdapat di master rem, kemudian jika sudah kendor jangan menekan pedal rem dan biarkan minyak rem tersebut merembas keluar. Hal itu menandakan kalau selang rem tersebut mengalami masalah karena kemasukan minyak dan apabila sudah keluar semua baru rapatkan kembali baut yang anda lepas tadi.
  2. Jika sudah coba anda pompa pedal rem secara berulang-ulang sambil menahan tekanan pedal untuk memastikan angin yang terdapat pada jalur minyak rem bisa keluar semua. Dengan menggunakan cara tersebut bisa lebih mudah dan tidak membuang waktu lebih banyak ketimbang cara yang lain.

Dengan cara memperbaiki rem motor masuk angin di atas, Anda tidak perlu lagi melakukan bleeding jalur minyak rem yang tentunya memakan waktu lebih lama. Setelah motor bisa digunakan secara normal kembali, lebih baik segera dibawa ke bengkel atau diperiksa sendiri mungkin saja ada spare part rem yang peru diganti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here