Home Motor Marquez Juara Dunia MotoGP 2016 Dengan 9 Rekor Baru

Marquez Juara Dunia MotoGP 2016 Dengan 9 Rekor Baru

388
0

OTONITY.com – Rekor Marquez Juara Dunia Motogp 2016, Marc Marquez telah memastikan gelar juara dunia MotoGP 2016 di sirkuit Montegi Jepang dengan 3 race masih tersisa hingga akhir musim setelah Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mengalami crash dan keluar dari balapan usai terjatuh.

Pada Balapan di Motegi kemari hari Minggu (16/10/2016) siang WIB, jalannya balapan berlangsung seru saat Rossi dan Lorenzo (Movistar Yamaha), dan Marquez (Repsol Honda) yang menempati baris start terdepan sudah terlibat saling salip-menyalip beberapa lap setelah start.

Ketiga rider motogp 2016 itu kemudian juga terus meluncur di posisi terdepan membentuk sebuah grup dan meninggalkan pembalap lain jauh di belakang. Tetapi saat sedang sengit dalam usahanya menjadi yang terdepan dan menggagalkan pesta juara si Baby Alien, Rossi justru tersungkur keluar lintasan akibat kehilangan traksi ban depan dan pada akhirnya out dari balapan pada lap ketujuh. Padahal saat itu ia menempati posisi dua tepat di belakang Marc Marquez.

rekor-marquez-di-motogp

Dengan lima putaran yang masih tersisa, kini giliran Jorge Lorenzo yang terjatuh ketika berada di posisi dua. Kejadian tersebut membuat kans juara dunia dunia untuk Marquez di GP16 semakin terbuka lebar.

Pada akhir balap Marquez benar-benar menjadi yang terdepan melintasi garis finis dan memastikan diri memenangi balapan, diikuti pada posisi kedua Andrea Dovizioso (Ducati) dan ketiga rider Suzuki Ecstar Maveric Vinales.

Hasil tersebut membuat Marquez kini mengoleksi 273 poin. Poin Marquez tersebut dipastikan tidak bisa lagi dikejar oleh Rossi (196 poin) dan Lorenzo (182) di papan klasemen karena selisihnya terlalu jauh meskipun masih ada tiga seri tersisa dan Rossi atau Lorenzo memenangi semuanya.

Lalu apa saja rekor Marquez di motogp yang berhasil dipecahkannya bersama Honda?

  1. Pebalap termuda yang pernah juara dunia sebanyak lima kali
  2. Pebalap termuda yang pernah menang di kelas primer
  3. Pebalap termuda yang finish podium dua kali berturut-turut di kelas primer
  4. Pebalap termuda yang naik podium tiga kali berurutan di kelas primer
  5. Pebalap pertama yang juara di tiga balapan Amerika Serikat dalam satu musim
  6. Pebalap keempat yang menjadi juara di tiga kelas berbeda
  7. Rookie pertama di kelas primer yang menjuarai empat balapan secara beruntun
  8. Pebalap termuda yang pernah memimpin klasemen kelas premier
  9. Peraih juara terbanyak di bawah usia 20 tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here