Harga Renault Kwid Cuma Rp 117 Juta, Sudah Punya Airbag

0

OTONITY.com – Harga Renault Kwid, Renault Indonesia melalui PT Auto Euro Indonesia (AEI) untuk pertama kalinya secara resmi memperkenalkwan wujud kwid sebuat compact crossover untuk entry level di Indonesia (19/10).

Dengan banderol harga Renault Kwid yang cuma Rp 117 juta sudah on the road Jakarta, tidak berbeda jauh dengan mobil-mobil LCGC seperti city car agya, ayla, brio dan datsun go ataupun low MPV seperti datsun go+, calya dan sigra. Tetapi ada hal yang menarik dengan peluncuran harga yang cukup mengejutkan tersebut, Renault Kwid tidak masuk skema mobil yang mendapat subsidi dari pemerintah.

Lalu, kenapa bisa dijual murah di Indonesia? Apabila ditelusuri harga Kwid di India sebagai negara yang memproduksinya. Di sana, tipe mesin 1.000 cc yang sama untuk dijual di Indonesia dibanderol dengan harga 400.000-an rupee atau sekitar Rp 78 jutaan.

renault-kwid-harga

Wajar saja jika kiranya sampai ke tanah air harganya masih tetap terjangkau. Ditambah lagi karena bea impor mobil terbaru dari India tidak semahal dari Eropa, atau Jepang. Bahkan jika Kwid diterima oleh konsumen Indonesia, kedepannya Kwid akan dirakit di dalam negeri sehingga cost produksinya menjadi lebih murah lagi.

Lalu apa yang didapat dari mobil dengan harga kurang dari Rp 120 juta tersebut?

Pada bagian desain, tampang SUV masih bisa dilihat pada Renault Kwid, meskipun mobil ini diadaptasi dari Datsun GO. Beberapa fitur – fitur yang diusung juga sangat layak dengan harga yang ditawarkan.

Renault Kwid menggendong mesin 3 silinder dengan kapasitas 1.0 liter, 12 katup. Sayangnya, mesin Kwid di Indonesia ini hanya disediakan pilihan transmisi manual 5 percepatan. Untuk kaki-kaki ia dibekali suspensi depan tipe Mac Pherson strut dengan Lower Transverse link, dan di belakang suspensi Twist beam dengan coil spring. Belum ada versi otomatis / matik. Memang konsumsi BBM akan menjadi lebih irit, tetapi untuk penggunaan di kota besar yang transportasinya padat, transmisi manual bisa menjadi masalah.

renault-kwid-interior

Namun dengan harga tersebut, jelas Renault Kwid akan bisa bersaing dengan mobil-mobil LCGC yang sejauh ini memiliki kapasitas mesin yang sama, hanya tersedia dalam wujud citycar.

Sementara itu Renault mencoba untuk menawarkan konsumen baru di Tanah Air dengan sebuah konsep baru yaitu mobil murah yang jenisnya crossover. Memiliki keunggulan dalam hal durabilitas di segala medan dibandingkan model citycar. Apabila dilihat-lihat lagi model seperti ini mengingatkan pada Suzuki Ignis yang beberapa waktu lalu sempat dipajang di GIIAS Jakarta dan Surabaya.

Baca juga: Tempat Bengkel Servis Resmi Renault

Ada beberapa catatan harus dipertimbangkan sebelum meminang Renault Kwid. Yaitu yang pertama, memiliki kapasitas mesin bertenaga pas-pasan. Transmisi tidak tersedia versi matik dan fitur keselamatan tergolong minim dengan satu airbag pada bagian pengemudi. Namun, dengan harga Renault Kwid yang cuma Rp 117 jutaan on the road Jakarta, akan menjadi jadi daya tarik tersendiri bagi konsumen mobil di tanah air.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY