Tips Sebelum Membeli Moge Bekas / Seken

0

OTONITY.com – Membeli Moge Bekas, Setiap pengguna sepeda motor pasti memiliki motor idaman yaitu yang bermesin besar atau biasa disebut moge. Dengan mengendarai sebuah moge dapat memberikan kepuasan tersendiri terlebih lagi jika sudah menjadi sebuah hobi. Dengan tenaga melimpah dengan teknologi terbaru dan prestige menjadi daya tarik utama membeli moge.

Salah satu kemudahan untuk mempunyai sebuah moge impian adalah dengan menyambangi penjual moge bekas apabila memiliki budget yang terbatas. Tetapi hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli moge bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan calon konsumen untuk cara dan tips membeli moge bekas di bawah ini:

Tentukan Tujuan

Bagi yang mau meminang moge bekas, terutama untuk yang baru pertama kali, tanyakan kembali ke dalam hati apa tujuan sebenarnya membeli motor ini. Apakah untuk harian, kesenangan, atau koleksi. Hal ini penting karena agar tidak merasa menyesal di kemudian hari.

Apabila moge tersebut akan digunakan untuk  keperluan harian harus mengutamakan merek-merek yang masuk akal untuk digunakan setiap hari di jalan raya. Biasanya moge merek Jepang punya kelebihan di sisi ini.

Kemudian jika memiliki sebuah moge untuk hobi bisa lebih fleksibel, pemilihan merek bisa sesuka hati. Namun lebih baik cari tahu lebih dulu ketersediaan suku cadangnya dan juga bengkel tempat perawatannya nantinya. Jangan sampai dikemudian hari sulit merawat moge kesayangan karena keterbatasan suku cadang yang harus inden dan biasanya harganya tinggi. Sudah lama, mahal pula apa tidak rugi waktu dan budget?

Merk Jepang Dan Eropa

Biasanya merk moge jepang lebih unggul apabila digunakan untuk harian, hanya saja terkadang ada yang suku cadangnya sulit ditemukan untuk beberapa model tertentu dan tahun pembuatan lama atau moge klasik.

Merek Eropa sudah pasti memiliki nilai lebih dalam hal prestige, suku cadang juga dapat dipesan langsung ke pabrik di Eropa tanpa melihat model dan tahun pembuatan. Tentu membutuhkan waktu lebih lama karena harus didatangkan dari Eropa apabila di Indonesia tidak tersedia. Hanya saja kalau untuk harian kurang begitu pas untuk dijadikan pilihan.

Kelebihan kekurangan moge merk Jepang dan Eropa mirip-mirip dengan kelebihan kekurangan mobil Jepang dan Eropa.

Periksa Dengan Teliti

Kemudian seperti layaknya membeli sepeda motor bekas pakai, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dengan teliti secara menyeluruh sebelum membawanya pulang. Beberapa komponen yang perlu diperhatikan yaitu mesin dan kelistrikan, detail suku cadang lengkap atau tidak. Semua ini demi kenyamanan penggunaan moge di kemudian hari.

Pastikan cek apakah ada ada tanda bekas tabrakan, rembesan oli, dan mengetahui kondisi asli sepeda motor moge tanpa tambahan aksesoris. Bawa orang yang lebih paham atau ke bengkel moge terpercaya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Untuk itu perlu dipelajari lebih detail model moge bekas yang ingin dibeli. Anda bisa mempelajarinya melalui internet banyak sekali informasi melimpah baik dari forum-forum berbahasa Indonesia ataupun bahasa inggris.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY