Jenis-Jenis Plat Nomor Yang Berlaku Di Indonesia

0

OTONITY.com – Setiap kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun sepeda motor wajip memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan betuk plat nomor. Jika kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan plat nomor selain motor baru yang memang plat nomornya belum keluar jika bertemu dengan polisi sudah pasti mendapatkan surat tilang.

Selama ini yang sering ditemui adalah plat nomor berwarna hitam dengan tulisan warna putih. Ternyata masih ada 5 jenis plat nomor lagi dengan warna dasar dan warna tulisan yang berbeda- beda. Jadi total ada 6 jenis plat nomor yang sah dan beredar di Indonesia dengan berbagai macam keperluan.

Berikut jenis plat nomor kendaraan di Indonesia berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 tahun 2012 pada pasal 39 ayat 3 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

  1. Dasar Hitam, Tulisan Putih untuk mobil perseorangan dan sewa.
  2. Dasar Kuning, Tulisan Hitam, untuk kendaraan bermotor umum.
  3. Dasar Merah, Tulisan Putih, untuk kendaraan dinas pemerintah.
  4. Dasar Putih, Tulisan Biru, untuk kendaraan bermotor korps Diplomatik Negara Asing.
  5. Dasar Hijau, Tulisan Hitam, untuk kendaraan di daerah perdagangan bebas atau Free Trade Zone. Untuk plat nomor ini mendapatkan keistimewaan yaitu fasilitas pembebasan bea masuk dan menurut Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan dengan plat nomor jenis ini dilarang dioperasikan di tempat umum atau dimutasi ke daerah lain.
  6. Dasar Hijau, Tulisan Kuning, untuk kendaraan TNI

Pelanggaran tentang pemasangan plat nomor berkaitan dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 yang bunyinya, dimana setiap orang yang mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak terpasang TNKB yang sudah ditetapkan oleh Kepolisian Negara Indonesia maka akan dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,-

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY