Home Honda Cara Upgrade / Bore Up Mesin Motor Matik Jadi Lebih Bertenaga

Cara Upgrade / Bore Up Mesin Motor Matik Jadi Lebih Bertenaga

436
0

OTONITY.com – Cara Bore Up Motor Matik Yamaha Dan Honda, Bagi pemilik motor matik di Indonesia tidak semuanya menyukai modifikasi mesin karena beberapa alasan seperti takut bermasalah atau mogok saat digunakan. Untuk mengakalinya adacara yang paling simpel guna meningkatkan performa motor matik tersebut yaitu melalui komponen transmisi.

“Anda bisa melakukan sedikit ubahan pada bagian komponen yang ada di dalam bak CVT seperti per CVT dan berat roller. Selain itu setel ulang perangkat di karburator supaya hasilnya lebih maksimal.  Setiap motor matik tentu memiliki cara yang berbeda-beda dalam penyetelan sehingga diperlukan sebuah inovasi dan juga ketelitian agar bisa berjalan dengan sesuai rencana.” ujar Sarjono mekanik Sweet Martabak Racing Ciledug, Tangerang saat ditemui oleh otonity.com.

Bore Up Honda Beat Dan Honda Vario 110

Sebagai contoh misalnya Honda Vario 110 dan BeAT cukup  menggati per CVT untuk menahan sliding sheave, ada banyak pilihan per CVT mulai dari 1.000 rpm,1.500 rpm dan 2.000 rpm. Semua perbedaan tersebut ditentukan dari tingkat kekerasan per itu sendiri.

Namun sebaiknya untuk Honda Vario 110 dan Honda BeAT lebih baik paai per CVT 1.500 rpm saja karena bisa membuat akselerasi lebih baik dan cocok digunakan di jalan perkotaan. Roller standar milik Vario cukup ganti dengan yang 12 dan 10 gram dengan cara dipasang disilang, sedangkan untuk Honda BeAT bisa memakai Roller 8 dan 10 gram.

Fungsi dari  pemakaian per CVT keras serta roller ringan bertujuan membuat tarikan awal mesin menjadi lebih responsif terutama ketika ingin dipacu dalam kecepatan tinggi. Komponen lain yang perlu diganti adalah Pilot-jet dan main-jet dengan memakai PJ 38 dan MJ 98.

Bore Up Yamaha Mio Dan Yamaha Xeon

Sementara itu untuk  Yamaha Xeon dan Mio harus ganti per CVT 1.500 rpm dengan roller 9 gram. Setelah sebelumnya untuk ukuran standar menggunakan roller 10 gram rata.

Setelah itu giliran setel karburator dengan Pilot-Jet naik satu tingkat sedangkan pada main jet turun satu tingkat. Kemudian untuk setting buang angin, putar di angka 3,5 hingga 4,5 putaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here