Home Mobil Mobil Pedesaan Selepan Padi Harga Rp 60 Juta Bisa Diproduksi Masal

Mobil Pedesaan Selepan Padi Harga Rp 60 Juta Bisa Diproduksi Masal

800
0

OTONITY.com – Harga Mobil Selepan Mesin Giling Padi, Institut Otomotif Indonesia (IOI) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengadakan lomba desain mobil pedesaan yang diharapkan bisa merealisasikan keinginan pemerintah untuk membuat mobil pedesaan yang sudah direncanakan sejak lama.

I Made Dana Tangkas selaku Presiden IOI juga memberikan informasi mengenai sedikit gambaran tentang mobil penggilingan padi pedesaan dan menurutnya nanti kendaraan tersebut memiliki spesifikasi dan desain yang tidak jauh berbeda dengan yang dilombakan.

“Kalau sudah lihat kriteria lomba, seperti itu yang sudah dibuat IOI kira-kira. Kriteria itu, tidak bersinggungan dengan model sekarang, dan menjiwai sebagai produk anak bangsa,” jelasnya.

Boleh Berbentuk Pickup

Menteri Perindustrian yakni Airlangga Hartanto juga mengatakan kalau bentuknya seperti pikap harus sesuai dengan kebutuhan aktivitas masyarakat pedesaan yang biasanya akan digunakan untuk mengangkut berbagai keperluan. “Untuk variannya, akan mengikuti kontur pedesaan masing-masing. Diharapkan Tahun depan prototipenya sudah rampung,” jelasnya.

Jika bentuknya seperti pickup dengan empat roda belakang dan bagian belakang dapat diubah sesuai kebutuhan multiguna untuk menunjang aktivitas perkebunan dan pertanian maka diperbolehkan, lanjut Airlangga Hartanto.

Inilah kriteria mobil pedesaan selepan padi yang dicantumkan dalam syarat lomba tersebut :

  1. Bentuk dan desain harus berbeda dengan yang ada dipasaran sekarang dengan ukuran kurang lebih. 3,2 m x 1,5 m x 1,8 m (P x L x T).
  2. kendaraan boleh menggunakan berpenggerak 4×4 atau 4×2.
  3. memakai mesin diesel berkapasitas 1.000 cc dengan bahan bakar biofuel (bio diesel).
  4. Kecepatan kendaraan 50 kpj.
  5. Mobil Pedesaan harga jual harus berkisar Rp 60 juta OTR
  6. Kendaraan dengan sistem dan konsep perawatan (maintenance) sederhana.
  7. Desain atau bentuk bodi dan kabin memiliki khas atau corak inovasi sendiri.
  8. Rangka kendaraan memakai frame yang sederhana dan mudah dirakit.
  9. Bodi dan kabin mobil mudah dibongkar-pasang dan dengan bahan atau material lokal, ringan dan kuat.
  10. Ground clearance minimal 200 mm.
  11. Kendaraan harus mudah dirakit.
  12. Kendaraan harus didesain secara multiguna atau multipurpose yaitu bisa untuk pertanian, perkebunan, peternakan, pengairan, perikanan, nelayan dan lain sebagainya. Salah satunya bisa digunakan sebagai mesin giling padi terutama di daerah pedesaan.
  13. Bisa mengangkut orang dan barang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here