Home Modifikasi Cara Modifikasi Motor Drag Agar Jadi Jawara Balap

Cara Modifikasi Motor Drag Agar Jadi Jawara Balap

456
0

OTONITY.com – Balap Motor Drag, Bagi para anak muda pasti sangat mendambakan bisa memiliki sepeda motor drag. Hal itu dikarenakan biasanya anak usia sekolah ingin sebuah tantangan yang memacu adrenalin dan bahkan cenderung berbahaya.

Memang tidak ada salahnya juga kalau melihat anak-anak muda tersebut menyalurkan hobi dengan mengutak-atik motornya untuk dijadikan drag asalkan masih dalam kondisi wajar.

Namun ada juga para remaja ABG yang memilih terjun ke dunia balap adu kecepatan alias drag race tersebut sehingga lebih aman karena resmi di sirkuit. Selain bisa menyalurkan hobi pastinya juga menjadi wadah mencari uang bagi para anak muda tersebut. Nah kalau anda ingin memiliki motor dengan konsep drag race cukup datang ke bengkel khusus yang melayani modifikasi motor tersebut.

Salah satunya yaitu Satelite Jaya Motor yang merupakan bengkel di daerah Depok. Banyak penggemar motor drag yang datang ke bengkel tersebut karena terpercaya dan hasilnya sangat memuaskan. Selain itu tidak jarang hasil oprekan dari bengkel ini digunakan untuk ikut serta dalam ajang balap resmi.

Menurut salah satu mekanik bengkel Satelite Jaya Motor yaitu Eko Aryanto menjelaskan untuk bisa membuat motor drag lebih kencang hingga menjadi juara maka harus banyak bagian yang dirubah, bisa dibilang jika motor anda masih standar maka harus dirombak total mulai dari mesin, bodi, sampai kaki-kakinya.

Khusus untuk mesin ada perubahan ukuran pada gear ratio, noken as, seher, pen struk, pengapian dan menaikkan cc. Tidak ketinggalan bagian knalpot juga harus diganti untuk menambah kecepatan.

Untuk pemula yang ingin melakukan modifikasi motor standar menjadi drag maka harus meminta pembimbing untuk kemudian diarahkan supaya pemasangan dan penempatannya menjadi pas. Jika sampai salah maka justru bisa merusak mesin dan hasilnya tentu merugikan anda sendiri.

Biaya Untuk Membuat Motor Drag

Mekanik berperan penting dalam menyetel mesin supaya lebih responsif saat balapan, untuk itu sangat disarankan memilih mekanik dan bengke yang profesional meskipun biayanya juga lebih mahal. Untuk mengubah motor standar menjadi drag biayanya berkisar antara Rp 5-7 jutaan tergantung kesulitan dan juga jenis motor yang digunakan.

Untuk motor matik sepertinya tidak sampai Rp 5 juta karena part yang dibutuhkan tidak begitu banyak dan prosesnya pun juga lebih cepat, mungkin yang menjadi perhatian utama hanya sektor mesin saja. Cukup membeli gear ratio lalu dilakukan peningkatan stroke dan kemudian diimbangi dengan bore up.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah merubah noken as lalu perangkat pengapian dan CVT. Yang tidak kalah penting juga yaitu mengganti piston, final gear dan lain sebagainya.

Baca juga : Contoh Modifikasi Kawasaki KLX 150 Dan Dtracker Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here