Home Motor Tips Memperbaiki Motor Macet Karena Diterjang Banjir

Tips Memperbaiki Motor Macet Karena Diterjang Banjir

387
0

OTONITY.com – Motor Mogok Terkena Banjir, Di kota-kota besar seperti Jakarta setiap kali hujan yang paling ditakuti oleh pengendara sepeda motor adalah bisa mogok ditengah jalan ketika melintasi banjir. Jika ketinggian banjir masih normal mungkin tidak ada masalah namun apabila sudah sampai mesin pasti jadi masalah besar.

Nah kalau anda nekat menerobos banjir yang tinggi maka konsekuensinya adalah motor bisa mogok karena mesin kemasukan air. Kalau sudah seperti itu tidak ada jalan lain selain mendorong sampai ke tempat aman untuk kemudian diperbaiki.

Berikut cara mengatasi motor mogok karena banjir :

  1. Bawa motor mogok ke tempat yang aman dan di lokasi yang agak luas untuk memperbaikinya.
  2. Cek busi motor karena bagian ini sangat penting terutama ketika terkena genangan banjir. Coba keringkan busi tersebut menggunakan kain dan masukkan kembali lalu gunakan kick starter beberapa kali.
  3. Selain busi periksa juga bagian saringan udara motor karena biasanya apabila terkena banjir maka air bisa masuk kedalamnya. untuk membuka bagian ini dibutuhkan peralatan yang lengkap dan kalau tidak bisa coba bawa saja ke bengkel terdekat untuk dibongkar.
  4. Periksa juga knalpot kendaraan anda dan keluarkan air yang ada didalamnya, caranya mudah yaitu angkat motor hingga berdiri supaya air bisa keluar.
  5. Dalam kondisi mesin masih mati silahkan starter motor hingga beberapa kali untuk membuat mesin panas.
  6. Biasanya ketika banjir rumah oli motor bisa kemasukan air dan tentu ini sangat berbahaya karena mesin menjadi sulit untuk menyala. Untuk itu cek bagian oli tersebut dan kalau ada campuran air sebaiknya ganti dengan yang baru.

Nah itulah beberapa tips untuk mengatasi motor mogok akibat menerobos banjir. untuk itu lebih baik tunggu air sampai surut atau bisa juga memutar melalui jalur lain. Tapi kalau terpaksa melewati jalur tersebut lebih baik matikan mesin dan dorong untuk menghindari air masuk ke dalam mesin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here