Home Mobil Tips Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar dan Tepat

Tips Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar dan Tepat

513
0

OTONITY.com – Cara Memanaskan Mobil Matic Dan Manual, Sebelum menggunakan mobil ada baiknya anda memanaskan terlebih dulu dan hal itu memang sangat dianjurkan sekali oleh para pabrikan ataupun pihak bengkel. Tujuannya adalah dengan melakukan pemanasan mobil secara rutin maka akan membuat performa mesin menjadi lebih baik dan tetap awet.

Namun memanaskan mobil juga tidak boleh sembarangan karena jika dilakukan dengan salah justru dapat berakibat fatal. Memanaskan mesin mobil bisa membantu sirkulasi oli untuk melumasi seluruh komponen yang ada di dalam mesin. Dengan Jadi bisa anda bayangkan kalau mobil tidak dipanasi dan langsung tancap gas tentu akan berakibat kerusakan parah karena adanya gesekan keras.

Untuk itu sebelum mengemudi mobil ada baiknya memanaskan mesinnya terlebih dulu sekitar 5 menit saja. Khusus untuk yang berjenis injeksi biasanya 3 menit juga sudah cukup karena sirkulasi oli lebih cepat menyebar dibandingkan dengan mesin karburator.

Perhatikan Indikator Temperatur

Ada beberapa cara memanaskan mobil yang benar dan salah satunya yaitu dengan melihat indikator temperatur, jika posisi indikator ada di sepertiga jarum maka mobil sudah siap untuk dikendarai.

Saat melakukan pemanasan tersebut sangat disarankan untuk tidak memainkan gas terlalu dalam, hal itu bertujuan guna menjaga komponen yang ada di dalam mesin supaya tetap awet. Yang tidak kalah pentingnya yaitu saat memanaskan mobil lebih baik matikan AC terlebih dulu agar aki bisa tersalurkan penuh pada dinamo starter mobil. Dengan begitu mobil akan terasa lebih ringan dan siap digunakan kemanapun yang anda inginkan.

Demikianlah tadi beberapa tips tentang bagaimana cara memanaskan mesin mobil yang benar dan tepat supaya mesin tetap awet. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas kalau salah dalam melakukan pemanasan maka akibatnya bisa sangat fatal sekali, jadi lebih baik lakukan dengan yang benar dan sesuai anjuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here