Home Honda All New Honda CR-V 2014 Diesel Belum Siap Masuk Indonesia

All New Honda CR-V 2014 Diesel Belum Siap Masuk Indonesia

6545
0

OTONITY.com – Mobil Honda CR-V 2014 Diesel. Sebagaimana pemberitaan sebelumnya yaitu peluncuran Honda CRV degan mesin diesel yang memiliki kapasitas 1.6 L. Sudah sejak oktober kemarin mobil Honda CRV versi mesin diesel ini dipasarkan untuk kawasan Eropa. Kehadirannya di Eropa sendiri diharapkan untuk mendongkrak penjualan All New Honda CRV yang anjlok setelah hadirnya para kompetitor seperti Mazda CX 5 dan All New Toyota Rav4 2014 yang memiliki cc lebih tinggi yaitu 2.2 L.

Dengan kapasitas mesin yang lebih rendah maka harga All New CRV 2014 ini akan menjadi lebih murah. Selain itu bobot mesin juga menjadi lebih ringan dengan berat sekitar 47 kg dibandingkan mesin diesel 2.2 L milik Mazda CX 5 dan Toyota Rav4 yang memiliki berat keseluruhan 69 kg membuat konsumsi diesel milik Honda CRV ini lebih irit akselerasi menjadi lebih ringan.

Efek dari bobot yang lebih ringan tersebut memaksa Honda untuk melakukan perubahan minor pada sasis CR-V ini diantaranya adalah penggunaan anti roll baru bagian belakang agar stabilitas mobil menjadi lebih baik ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

Dengan mesin diesel 1.6L i-DTEC All New Honda CRV 2014 dapat menghasilkan tenaga 118 bhp pada putaran mesin 4000 rpm dan torsi puncak 300 Nm pada putaran 2000 rpm dilengkapi dengan transmisi manual 6 percepatan. Hasilnya, pengemudi akan menjadi lebih sibuk memainkan tuas transmisi dan pedal kopling dibandingkan CX 5 untuk mengendalikan mobil.

Honda CRV 2014 Diesel

Banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan ketika mengemudi Honda CRV versi diesel ini. Salah satunya adalah ketika memasuki tikungan yang pada umumnya pada mobil biasa dilakukan pada gigi 3, maka dengan CRV 1.6 L diesel ini harus masuk pada gigi 2. Mobil SUV ini membutuhkan satu atau dua rasio gigi lebih rendah dari biasanya untuk mendapatkan tenaga yang kencang. Dalam kasus ini menginjak pedal gas lebih dalam hanya akan mendapatkan raungan mesin yang keras tanpa tenaga yang besar jika menggunakan rasio gigi lebih tinggi.

Pada bagian dalam mobil atau interior tidak banyak mendapatkan perubahan. Masih menggunakan dashboard konvensional milik Honda CRV. Luas kabin masih sama saja dengan model CRV lainnya yang menurut saya cukup sempit untuk ukuran mobil SUV seharga Rp 400 jutaan.

Harga All-New Honda CR-V 1.6 i-DTEC di Inggris (UK)

  • CR-V 1.6 i-DTEC S – £22,800 / Rp 374 jutaan
  • CR-V 1.6 i-DTEC S-T – £23,565 / Rp 386 jutaan
  • CR-V 1.6 i-DTEC SE – £24,660 / Rp 404 jutaan
  • CR-V 1.6 i-DTEC SE-T – £25,425 / Rp 417 jutaan
  • CR-V 1.6 i-DTEC SR – £26,880 / Rp 441 jutaan

Mobil baru Honda CRV versi diesel ini akan masuk di Indonesia jika kualitas diesel sudah diperbaiki paling tidak seperti yang ada di Eropa dimana bahan bakar diesel memiliki kualitas yang bagus. Selain kualitas diesel yang rendah, juga masih banyak hal lainnya yang harus kita pelajari terlebih dahulu sebelum memasarkan CR-V diesel ini. Kemungkinan besar pada tahun 2014 mendatang.” Ungkap Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Indonesia.

Update:

Jika anda menginginkan sebuah mobil bermesin diesel yang responsif tentunya All New Honda CR-V Diesel 1.6L ini bukanlah pilihan yang tepat. Namun dengan biasa operasional perawatan dan harga yang lebih rendah, hal tersebut bisa dipertimbangkan kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here