Home Mobil Mobil Niaga Tata Prima Lebih Efektif Dan Efisien Untuk Pertambangan

Tata Prima Lebih Efektif Dan Efisien Untuk Pertambangan

419
0

OTONITY.com – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku agen pemegang merek resmi Tata Motors di Indonesia belum lama ini meluncurkan produk baru truk heavy duty Prima LX 2528.K di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) untuk melengkapi jajaran produk Prima di Indonesia.

Wilda Bachtiar, Marketing Manager Comercial Vehicle TMDI mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang mendorong Tata Motors menghadirkan produk baru truk heavy diantaranya adalah perkembangan sektor infrastruktur sejak tahun 2016 yang diproyeksi terus mengalami peningkatan pada 2018 dan tren sektor pertambangan yang kembali menggeliat.

“Sepanjang Januari hingga Juni 2017 penjualan truk medium dan heavy duty untuk tipper (dump truck) mencapai hampir 2.500 unit. Jumlah ini meningkat 161% dibanding periode yang sama tahun lalu di kisaran 1.800 unit,” papar Wilda Bachtiar.

Dalam menghadirkan produk baru, Tata Motors, mengatakan bahwa mereka tidak secara langsung membawa produk dari India, namun melakukan riset pasar serta melakukan study untuk menyesuaikan produk dengan kondisi di pasar yang dituju, termasuk di Indonesia. Tata Prima sebelum resmi meluncur dikatakan menjalani masa tria 2,5 tahun dan 1 tahun masa pengembangan khusus untuk membuatnya sesuai dengan medan dan keinginan pengusaha di Indonesia.

Beberapa perubahan yang ada pada Tata Prima LX 2528.K untuk dipasarkan di Indonesia dibandingkan dengan model di India seperti penggunaan box yang lebih besar, namun memiliki ukuran ban yang lebih kecil.

Wilda juga menerangkan bahwa keunggulan dari Tata Prima 2528.K diantaranya adalah kemampuan engine brake yang besar, mengusung desain off road untuk melibas berbagai medan, efisiensi bahan bakar 8 – 10 persen dibandingkan pesaing. Tidak hanya itu, Tata Motors juga mendukung layanan after sales dari produk yang ditawarkan. Seperti jaminan minimum down time, layanan tenaga servis untuk melakukan pelatihan pada teknisi dan sopir dari konsumen.

“Dibandingkan produk brand lain, kami rata-rata lebih hemat 8 – 10 %. Untuk perusahaan yang memliki armada besar, penghematan sedikit pun diduplikasi dengan armada yang dimiliki akan berefek besar,” terang Wilda.

Dilihat dari sisi spesifikasi teknis, Tata Prima LX 2528.K memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) hingga 25 ton, dan menggunakan mesin diesel lansiran CUMMINS berstandar emisi Euro-III yang mampu menyemburkan tenaga hingga 280 hp pada putara mesin 2.500 rpm dan torsi puncak 975 Nm pada 1.500 rpm yang dipadukan dengan transmisi 9 percepatan. Truk heavy duty ini memiliki kecepatan maksimum hingga 87 km/jam.

Artikel ini pertama kali diterbitkan oleh Otoniaga.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here