Home Aftermarket Tips Aman Mengemudi Dengan Membawa Balita di Mobil

Tips Aman Mengemudi Dengan Membawa Balita di Mobil

241
0

Jakarta, Otonity.com – Anggaplah Anda sudah membayar mahal untuk membeli sebuah jok khusus balita. Asumsi Anda, jok khusus balita berharga mahal, tentu berbanding lurus dengan keselamatan yang bisa diberikan. Namun, jok balita mahal belum tentu 100 persen aman bagi buah hati Anda.

Mengapa ? Menurut survey lembaga keselamatan Amerika Serikat, 80 persen jok balita tidak dipasang semestinya. Artinya, 80 persen orang tua masih melakukan cara yang salah dalam mengamankan anak mereka. Ini tentu tidak termasuk orang tua yang “menelantarkan” anak-anaknya dalam mobil tanpa pengamanan khusus.

  • Bobot bayi yang kurang dari 10 kg dan belum berusia satu tahun, sebaiknya menghadap ke belakang di kursi belakang.
  • Apabila usia anak kurang dari setahun, tapi beratnya lebih dari 10 kg, pastikan kursi yang laik untuk bobot bayi yang sesuai. Selain itu, posisinya tetap menghadap ke belakang.
  • Lain lagi bila sang anak sudah berusia lebih dari 1 tahun dan bobotnya diatas 10 kg tapi kurang dari 20 kg. Seyogyanya, posisi duduknya menghadap ke depan.
  • Ihwal kursi booster, dikhususkan bagi anak dengan berat lebih dari 20 kg. Jenis kursi ini, tetap digunakan hingga anak cukup besar dan pas dengan sabuk pengaman orang dewasa (biasanya bobot 30-40kg).
  • Tanda atau label instruksi pada kursi anak, sebaiknya utuh. Label ini, juga bisa menjadi indikator bahwa peranti ini masih laik pakai. Hindari memakai kursi yang sudah lama/bekas. Apalagi kursi yang pernah terpasang pada mobil yang pernah terlibat kecelakaan.
  • Anak yang diletakkan di kursi depan, walaupun memakai child safety seat, etap kurang aman. Kantung udara penumpang di kabin depan bisa berakibat fatal bagi mereka.
  • Anak dari segala tingkatan usia akan tetap paling aman bila ditempatkan di kursi belakang mobil saat dalam perjalanan.
  • Manual book kendaraan penting disimak, khususnya instruksi yang berhubungan dengan penggunaan kursi keselamatan anak.
  • Anak harus diberi kursi pengaman yang cocok dan sesuai ukuran maupun bobot tubuhnya dengan dimensi ruang kendaraan. Pastikan pula kursi ini digunakan dengan cara pemasangan yang benar setiap saat.
  • Nasib anak juga tergantung pada kondisi penumpang lain yang ada di dalam mobil. Pastikan pengemudi dan penumpang mengenakan sabuk pengaman agar mereka tidak mencederai sang anak bila terjadi kecelakaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here