Home Ford Ford Fiesta 2014 EcoBoost Kapasitas ‘Cuma’ 1000 cc

Ford Fiesta 2014 EcoBoost Kapasitas ‘Cuma’ 1000 cc

7349
0

OTONITY.com – Ford Fiesta 2014 EcoBoost Harga Lebih Murah. Ada varian baru dari Ford Fiesta untuk dipasarkan di Indonesia yaitu dengan embel-embel EcoBoost. Mobil ini menggendong kapasitas mesin yang lebih kecil dibandingkan Ford Fiesta standar yang sudah lebih dahulu dipasarkan di Indonesia pada akhir tahun 2013. Meskipun menggunakan mesin kecil, Ford Fiesta EcoBoost ini dapat menghasilkan tenaga yang besar. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh mesin VW TSi milik Volkswagen. Bahkan pabrikan mobil asal Jerman ini terlebih dahulu menggunakan mesin kecil bertengaga besar TSi pada varian VW Golf dan VW Polo yang juga dipasarkan di Indonesia.

EcoBoost adalah teknologi masa depan yang digunakan oleh Ford dengan menggabungkan turbocharger dan direct injection. Oleh karena itu meskipun memiliki kapasitas silinder ‘cuma’ sebesar 1.000 cc tetapi dapat menyemburkan tenaga layaknya mobil dengan kapasitas 1.600 cc. Teknologi mesin semacam ini juga disebut sebagai GTDi atau TwinForce.

Mesin yang digunakan oleh Ford EcoBoost 1.000 cc memiliki 3 silinder dan dapat mengeluarkan 2 output tenaga mulai dari 100 Ps dan 125 Ps. Untuk lebih jelasnya bisa dibandingkan dengan mesin yang digunakan oleh Honda Jazz 1.500 cc 4 silinder yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 120 Ps. Tenaganya sebanding bukan? Dengan memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil tentunya konsumsi BBM menjadi sangat irit, terlebih lagi teknologi EcoBoost yang dikembangkan oleh Ford ini sangat ramah lingkungan layaknya mobil hybrid masa depan.

Dari segi fisik sama persis dengan Ford Fiesta 1.5 L 2014 yang ada di Indonesia saat ini. Jika tidak salah peluncuraan mobil Ford Fiesta EcoBoost 2014 akan dilakukan pada bulan Januari tahun depan. Seperti yang dituturkan oleh Bagus Susanto selaku Managing Director Ford Motor Indonesia (FMI) di acara Ford EcoBoost Smart Technology Preview bertempat di Lotte Shopping Eveneu, Jakarta (17/12/2013). “Sekitar awal tahun 2014 mendatang atau pada bulan Januari, Ford Fiesta model paling baru dengan mesin EcoBoost 1.0L sudah dapat dimiliki oleh konsumen mobil di Indonesia”. Selanjutnya, Bagus Susanto juga menambahkan, “Jika dilihat dari spesifikasi dan power train-nya, mobil baru ini akan menjadi superhero di kelasnya!”.

Sekedar informasi, Ford Fiesta EcoBoost 2014 ini sudah terlebih dahulu mengaspal di Malaysia dengan beberapa opsi tambahan bodi kit yang membuat tampilannya lebih rendah dan sporty (Dikutip dari Paultan.org). Seperti biasanya Indonesia selalu mendapat jatah di akhir-akhir, setelah India dan Malaysia contohnya.

Apakah di Indonesia juga akan mendapat tambahan body kit seperti yang ada di Malaysia? Jika tidak, maka akan sulit membedakan dengan varian Ford Fiesta 1.5L. Kira-kira berapa ya harga Ford Fiesta EcoBoost 2014 ini? Pasti lebih murah karena dengan mesin 1.000 cc sebanding dengan mobil LCGC. Untuk informasi lebih lengkap harap bersabar sekitar satu bulan lagi bro-sist, kita tunggu saja kemunculannya di tanah air awal tahun depan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here