Home Motor Inilah Peringkat Pabrikan Motor Paling Laris di Indonesia

Inilah Peringkat Pabrikan Motor Paling Laris di Indonesia

8794
0

OTONITY.com – Peringkat Pabrikan Motor Paling Laris di Indonesia. Dari data-data yang diperoleh memang pabrikan motor paling laris yang beredar di Indonesia lebih banyak didominasi oleh merk dari negeri Jepang. Sebut saja contohnya seperti Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki. Ada dua pabrikan motor dari India yang cukup dikenal di tanah air yaitu Bajaj dan TVS.

Melihat konsumsi sepeda motor di Indonesia sudah secara kasat mata bisa ditebak mana pabrikan motor paling laris dan paling diminati oleh konsumen Indonesia. Dari data yang diperoleh pada tahun 2013 kemarin, penjualan sepeda motor roda dua didominasi oleh motor matik, kemudian motor bebek dan yang terakhir disusul oleh segmen motor sport.

Persaingan beberapa pabrikan tersebut dari total keseluruhan segmen yaitu matik, bebek dan sport masih dimenangkan oleh Honda dengan jumlah penjualan mencapai 4,36 juta unit (60,37 persen). Selanjutnya di peringkat kedua ada Yamaha dengan pencapaian 2,33 juta unit (32,31 persen). Pada posisi ketiga sampai kelima secara berurutan diduduki oleh Suzuki (374 ribu), Kawasaki (135 ribu) dan TVS (18 ribu).

Tabel Penjualan Motor di Indonesia (source img: AISI)

tabel-penjualan-motor

1. Peringkat Motor Sport

Dalam segmen motor sport ini singgasana diduduki oleh pabrikan motor yang memiliki logo garpu-tala Yamaha. Yamaha dapat melakukan penjualan sebanyak 500 ribu unit (49.6 persen) dari total keseluruhan penjualan motor sport nasional yaitu sekitar 1.008 unit. Motor yang paling banyak menyumbang penjualan adalah V-ixion dan New V-ixion Lightning yang fantastis.

Kemudian disusul di peringkat kedua ada Honda yang tahun kemarin mulai berbicara banyak dengan meluncurkan beberapa varian motor sport seperti New Megapro, Tiger, CB150R, CBR150R, Verza, CBR150R, CBR250R. Dari keseluruhan motor sport Honda tersebut berhasil menyumbang sebanyak 367 ribu unit.

Pada posisi ketiga diduduki oleh Kawasaki yang cukup populer sebagai pabrikan motor sport mid-level. Kualitas motor sport Kawasaki memang diakui berada di atas Honda dan Yamaha. Memang jika dibandingkan dari harga motor sport dari Honda ataupun Yamaha harganya bisa dua kali lipat, tetapi diikuti dengan kualitas produk yang ditawarkan oleh Kawasaki. Lihat saja penampilan Kawasaki Ninja 250R yang garang!

New Vixion Lightning 2014

2. Peringkat Motor Matik

Dalam segmen matik, pihak Yamaha tidak bisa berbicara banyak. Peringkat pertama masih diduduki oleh Honda dengan total penjualan mencapai 3,17 juta unit. Hal ini bisa dilihat dari volume kendaraan matik Honda yang ada di jalanan seperti Vario dan Beat, disetiap ruas jalan pasti ketemu!

Yamaha harus puas berada diperingkat kedua dengan total penjualan sebanyak 1,3 juta unit. Dan pada posisi ketiga ditempati oleh Suzuki yang mencatatkan penjualan sebanyak 74 ribu unit.

Honda-Vario-125

3. Peringkat Motor Bebek

Dalam skala nasional untuk segmen motor bebek lagi-lagi Honda masih berada di posisi paling atas dengan berhasil mencatatkan hasil penjualan sebanyak 818 ribu unit.

Pada urutan kedua ditempati oleh Yamah yang berhasil menjual sebanyak 527 unit. Dan yang terakhir urutan ketiga masih tetap Suzuki dengan perolehan rekor penjualan sebanyak 294 unit.

Bagaimana brosis? Urutan diatas bisa dijadikan referensi untuk menentukan pilihan motor baru yang akan dibeli karena biasanya kepercayaan berbanding lurus dengan kualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here