Home Mobil Ini Dia Wiper Mobil Untuk Masa Depan Yang Dirancang Oleh Mc Laren

Ini Dia Wiper Mobil Untuk Masa Depan Yang Dirancang Oleh Mc Laren

2990
0

OTONITY.com – Teknologi Wiper Mobil Terbaru. Sepertinya wiper dengan teknologi canggih tidak lama lagi akan hadir. Berkat tim peneliti dari Mc Laren yang terinspirasi dari pesawat jet yang tidak memiliki wiper, tetapi kondisi kaca selalu bersih dan tidak mengganggu pandangan pilot. Rencananya pabrikan mobil asal Inggris ini akan menerapkan teknologi yang sama dan diaplikasikan untuk mobil yang fungsinya digunakan untuk membersihakan kabut, air, debu dan segala macam benda yang menempel pada kaca mobil yang dapat menggalangi pandangan pengemudi.

Secara detail pihak Mc Laren belum berani mengungkapkan lebih detail secara teknis karena takut idenya tersebut dicuri oleh para kompetior dan dikomersilkan. Tetapi para ahli sudah bisa menyimpulkan bahwa teknologi yang dimaksud oleh Mc Laren adalah gelombang ultrasound yang dapat menggetarkan kaca agar selalu bersih. Hal ini sama kasusnya seperti yang digunakan oleh dokter gigi untuk membersihkan plak yang menempel di pasien.

“Cara yang akan digunakan adalah memasang pembangkit gelombang ultrasonik pada bagian sudut kaca depan untuk membangkitkan 30 kHz.” Ungkap Paul Wilcox, seorang profesor dari Fakultas Bristol University of Engineering yang ahli dalam bidang ultrasonik.

Teknologi mobil terbaru ini rencananya akan diproduksi oleh Mc Laren mulai dari tahun 2015 mendatang. Biaya yang dikeluarkan oleh Mc Laren diperkirakan mencapai 170 ribu pound, tetapi jika nanti benar-bedar sukses dan diproduksi secara masal akan dibanderol dengan harga cuma 10 pound atau jika dirupiahkan senilai dengan Rp 150 ribu.

Dalam sejarahnya, wiper mobil ini pertama kali ditemukan oleh Mary Anderson seorang pengembang properti asal Amerika Serikat yang mendapatkan hak paten wiper mobil pada tahun 1903. Saat itu Anderson sedang dalam perjalanan menuju New York City saat hujan deras dan selama perjalanan memaksanya untuk keluar dari mobil setiap kaca mobil terganggu air yang bercampur debu sehingga mengganggu pandangan.

Pada mulanya penggunaan wiper ini banyak menuai kritik karena dinilai mengalihkan perhatian pengemudi sehingga memperbesar rasio kecelakaan. Namun selang beberapa tahun kemudian tepatnya pada 1916, sebuah wiper mobil menjadi fitur keamanan standar pada setiap mobil yang diproduksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here