Penyebab Utama Yamaha Mio Tidak Kuat Melewati Tanjakan

0

OTONITY.com – Yamaha Mio Tidak Kuat di Tanjakan. Tiba-tiba motor Yamaha Mio anda tidak dapat melintasi jalur tanjakan dengan mulus seolah tidak memiliki tenaga. Jangan khawatir, dari beberapa kasus yang terjadi memiliki masalah yang sama yaitu putaran mesin terasa lebih tinggi ketika melewati tanjakan.

Masalah utamanya adalah terjadi kebocoran selang karburator vakum yang terletak di intake manifold. Selang vakum tersebut memiliki fungsi sebagai saluran untuk membuka dan menutup kran bensin menyesuaikan dengan kevakuman yang terjadi dalam pembakaran. Karena kondisi vakum ini sangat penting sebagai jalan buka dan tutup bahan bakar yang dibutuhkan agar kendaraan dapat melaju dengan normal. Oleh karena itu tidak boleh terjadi kebocoran pada selang vakum ini, karena kevakuman harus kedap udara!

Jika selang tersebut terlanjur bocor, maka proses untuk buka tutup kran bensin menjadi terganggu dan tidak maksimal karena terdapat udara pada vakum tersebut. Otomatis bahan bakar yang disedot menjadi lebih sedikit dan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga suara mesin seperti meraung-raung dalam putaran tinggi.

Proses pembakaran pun tidak terjadi secara sempurna karena bensin yang dibakar tidak sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Sehingga motor pun tidak memiliki tenaga karena kompresi dalam mesin berkurang. Terlebih lagi ketika melitasi tanjakan yang membutuhkan torsi dalam torsi tinggi.

Vacum Yamaha Mio Bocor

Sebagai catatan, bahwa selang karburator vakum Yamaha Mio tersebut tidak hanya berfungsi sebagai kran buka dan tutup bensin saja, tetapi juga digunakan untuk membuka katup AIS. Memang selang vakum yang digunakan pada Yamaha Mio didesain lebih kompleks. Oleh karena itulah jika terjadi kebocoran sedikit saja akan sangat mengganggu performa motor. Selain terjadi kebocoran pada selang vakum, motor Mio tidak dapat melewati tanjakan juga bisa disebabkan oleh sambungan selang yang kurang rapat atau selang vakum mengalami kerusakan dan sudah waktunya diganti dengan yang baru.

Solusi dari masalah motor Yamaha Mio yang tidak bisa nanjak tersebut adalah dengan memastikan kondisi selang vakum apakah terjadi kerusakan seperti pecah dan sambungan selang yang tidak rapat. Jika kerusakan pada selang vakum tidak memungkinkan untuk diperbaiki, jalan satu-satunya adalah mengganti selang vakum mio dengan yang baru harganya sekitar Rp 50 – 100 ribu. Namun, sepertinya untuk tahun 2016 ini motor karbu sudah mulai ditinggalkan oleh pabrikan dan bergeser menjadi motor injeksi brosis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY