Home Honda Tips Mengatasi Honda Vario FI 125 Tidak Responsif

Tips Mengatasi Honda Vario FI 125 Tidak Responsif

10733
0

OTONITY.com – Cara┬áMengatasi Honda Vario 125 Tidak Responsif. Motor matik pabrikan Honda paling populer di Indonesia saat ini memang terkenal karena desain yang keren dan unik. Selain itu juga konsumsi bensin yang cukup irit dibandingkan motor matic di kelasnya karena sudah mengaplikasikan teknologi injeksi. Bukannya tanpa masalah, kebanyakan pengguna motor Vario 125 ini mengeluh dikarenakan tenaga yang dihasilkan lemot atau tidak responsif, bahkan terkadang disertai suara mbrebet saat mesin berada pada putaran bawah.

Kondisi seperti di atas tentunya sangat menjengkelkan, apalagi gejala ini sering kali terjadi pada waktu pagi hari saat motor baru saja dinyalakan untuk aktivitas sehari hari. Tidak bisa dibayangkan bagaimana ketika brosis sedang terburu-buru berangkat kerja dan membutuhkan akselerasi motor tetapi malah performanya tidak maksimal.

Salah satu solusi yang bisa dicoba untuk meningkatkan performa Honda Vario 125 agar lebih responsif adalah dengan mengganti Koil standar bawaan Vario dengan Koil racing yang banyak ditemukan di pasaran. Salah satu yang direkomendasikan adalah Koil merk Protec yang memiliki dua macam varian berbeda harga. Varian yang pertama dibanderol dengan harga Rp 175 ribu dengan warna abu-abu bentuknya lebih kecil, kemudian untuk varian kedua dibanderol dengan harga Rp 275 ribu berwarna hitam dan berbentuk lebih besar.

Fungsi koil ini adalah untuk menambah power motor yang secara otomatis dapat menambah akselerasi. Koil standar bawaan Vario 125 Fi memiliki tenaga maksimum sebesar 9.13 hp / 8.316 rpm dengan torsi 8.70 Nm / 7.416 rpm.

Apabila sudah dilakukan modifikasi motor tersebut dengan mengganti Koil Protec varian pertama yang dihargai Rp 175 ribu dapat meningkatkan tenaga menjadi 9.36 hp / 8.511 rpm dengan torsi menjadi 8.37 / 7.416 rpm.

Selanjutnya untuk varian yang kedua dengan harga Rp 275 ribu dapat meningkatkan tenaga menjadi 9.50 Nm / 6.507 rpm dan torsi puncak yang dihasilkan menjadi 10.48 Nm / 6.259 rpm.

Secara garis besar Koil Protec ini memiliki lilitan kawat yang lebih banyak dan padat sehingga menambah performa motor. Langsung saja brosis tanyakan ke bengkel terdekat untuk pemasangan koil ini! Daripada memasangnya sendiri tentunya akan lebih praktis jika dibawa ke bengkel motor terdekat.

Nb: Gambar yang ada pada halaman ini adalah perbandingan koil protec dengan koil standar bawaan vario, bukan dua varian koil protec.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here