Home Kawasaki Motor Sport Naked Bike Yamaha XJ6 Pesaing Kawasaki ER-6n

Motor Sport Naked Bike Yamaha XJ6 Pesaing Kawasaki ER-6n

3755
0

OTONITY.com – Yamaha XJ6 Penantang Sebenarnya Kawasaki ER-6n di Indonesia. Mungkin motor sport keluaran Yamaha yang satu ini masih terasa asing di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi sebenarnya motor Yamaha XJ6 ini sudah hadir sejak tahun 2013 lalu di negara tetangga yaitu Malaysia tepatnya pada bulan Januari. Bahkan untuk tahun 2014 ini juga dikabarkan akan mengalami facelift minor. Dengan mengusung konsep naked bike di kelas 600 cc motor ini sesungguhnya dilahirkan untuk menjadi penantang Kawasaki ER-6n yang lebih dikenal di tanah air. Hal ini desebabkan pihak Yamaha belum secara resmi meluncurkannya di Indonesia. Apakah Yamaha tidak gerah dengan ER-6n yang melegang mulus seperti tidak punya saingan? Sepertinya tidak! Motor ini pastinya nanti akan mengaspal di Indonesia.

Di negara Malaysia moge sport naked bike dengan mesin 600cc ini dibanderol dengan harga Ringgit Malaysia 38.500 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 124.6 juta, dengan kondisi belum bebas pajak, asuransi dan sebagainya.

Sedangkan untuk kawasan Eropa dan Amerika, motor Yamaha XJ6 ini dilepas dengan harga sekitar 7.149 Poundsterling atau sebanding dengan Rp 106 jutaan. Sebagai perbandingan untuk Indonesia, motor sport Kawasaki ER-6n dibanderol dengan harga Rp 102.5 jutaan on the road Jakarta.

Yamaha XJ6 ini juga memiliki varian khusus dengan tagline “XJ6 Race Blue Series” yang dibanderol dengan harga mulai dari 6.099 pounsterling yang jika dirupiahkan setara dengan Rp 120.5 jutaan.

Melihat desainnya bisa dibilang lebih garang dari Kawasaki ER-6n. Jika memang jadi dipasarkan di Indonesia, rentang harga Rp 110 – 120 jutaan sepertinya masih dapat bersaing dengan salah satu motor model naked bike milik Kawasaki ini yang dipasarkan di Indonesia selain Kawasaki Versys.

Yamaha sebenarnya memiliki deretan moge bertenaga dengan penampilan serba garang dan kubikasi yang besar. Tetapi entah kenapa tampaknya pihak Yamaha masih enggan untuk membawa lebih banyak varian ke Indonesia. Sepertinya baru tahun ini Yamaha sedikit merespon peminat moge sport Yamaha di Tanah air, sebagai indikasinya pada akhir tahun 2013 kemarin Yamaha memperkenalkan secara resmi 4 moge sportnya di Indonesia yaitu Yamaha R1, Yamaha R6, Yamaha TMAX dan Yamaha VMAX.

Tahun 2014 ini secara global Yamaha XJ6 memiliki 3 varian untuk dipasarkan yaitu versi naked bike sport (XJ6 dan XJ6 SP), semi fairing (XJ6 Diversion) dan full-fairing (XJ6 Diversion F). Ada 3 pilihan warna yang tersedia untuk membalutnya menjadi lebih kekar yaitu merah, hitam dan putih.

Untuk spesifikasinya, Yamaha XJ6 ini menggendong mesin 4 silinder segaris dengan digital fuel-injection dan memiliki three way catalyser disertai sensor O2 sebagai standar emisi gas buang yang lebih baik dan ramah lingkungan. Berbeda dengan motor milik Kawasaki yaitu ER-6n yang masih menggunakan 2 silinder segaris. Meskipun memiliki perbedaan dalam urusan silinder, tenaga yang dihasilkan masih cukup berimbang.

Untuk Yamaha XJ6 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 77.5 HP pada putaran 10.000 rpm dengan torsi puncak 59.7 Nm pada putaran 8.500 rpm. Sedangkan untuk Kawasaki ER-6n dengan kapasitas mesin yang sama dapat mengeluarkan tenaga sebesar 72.1 Hp pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak 64 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Bagaimana brosis? Mantab bukan motor sport Yamaha yang satu ini? Semoga PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) segera membawanya secara resmi ke tanah air, karena akan memiliki harga yang kompetitif dengan membeli melalui dealer resmi Yamaha yang ada di Indonesia dibandingkan harus mengimpornya sendiri melalui Importir Umum (IU).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here