Home Motor Motor Gede Tahun 2014 Pajak Moge Bakal Naik 50 Persen

Tahun 2014 Pajak Moge Bakal Naik 50 Persen

2677
0

OTONITY.com – Pajak Moge di Indonesia Terbaru Naik. Berita ini membuat penyuka sepeda motor gede dengan kapasitas mesin besar harus rela merogoh kantong lebih dalam atau bahkan membatalkan niatnya untuk membeli moge. Karena memasuki awal tahun 2014 pemerintah akan menaikkan pajak untuk moge (motor gede) sebesar 50 persen.

Padahal di Indonesia cukup banyak pabrikan yang bermain di pasar khusus yaitu moge ini sebut saja yang terbesar adalah Kawasaki kemudian disusul Yamaha, Ducati, Harley Davidson, BMW, MV Agusta dan Victory.

Kenaikan pajak untuk moge ini diperoleh dari dokumen Peraturan Pemerintah (PP) mengenai jumlah PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Dalam dokumen disebutkan PPnBM sepeda motor dengan kapasitas mesin melebihi 500cc akan mengalami kenaikan sebesar 50 persen atau dari 75 persen menjadi 125 persen. Rencananya peraturan ini akan berlaku pada akhir bulan Januari ini.

Bisa dipastikan kenaikan PPnBM tersebut akan sangat berpengaruh atas harga moge yang beredar di tanah air. Hal tersebut diungkapkan oleh Sales Promotion Deputy Departement Head, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Dewi Septiani, “Harga moge kawasaki pasti mengalami kenaikan, tetapi masih dalam tah perhitungan. Kemungkinan besar akan naik 10 persen saja untuk menjaga awareness brand Kawasaki di Indonesia.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Geri Centura yang menjabat Marketing Coordinator PT Bali Dirt Bike dari BMW Motorrad Indonesia, “Nanti akan diberikan keterangan soal kenaikan harga, tetapi jika sudah final. Yang pasti harga motor BMW di Indonesia ikut naik.”

Selain Kawasaki dan BMW, Yamaha juga akan menaikkan banderol moge Yamaha yang dipasarkan di Indonesia seperti Yamaha R1, Yamaha R6, Yamaha T-Max dan Yamaha V-Max.

Meskipun begitu, para pabrikan moge di Indonesia tidak patah semangat menghadapi regulasi baru pemerintah yang menaikkan PPnBM. Salah satunya adalah KMI yang tahun 2014 ini berencana memasarkan beberapa moge terbaru di Indonesia. “Kami masih yakin penjualan moge di Indonesia masih tetap bagus karena memang pasar moge ini cukup unik dengan loyalitas para konsumennya.” tutup Dewi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here