Home Motor Motor Sport Motor Sport Yamaha Scorpio Penerus Legenda 2-tak RX King

Motor Sport Yamaha Scorpio Penerus Legenda 2-tak RX King

4880
0

OTONITY.com – Yamaha Scorpio Penerus Motor 2-tak RX King. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pada tahun 2014 lalu memperkenalkan edisi khusus dari Yamaha Scorpio Z yang notabene adalah penerus dari motor legendaris 2-tak RX King. Motor sport edisi khusus tersebut memiliki kelir emas dan diberi nama The Scorpion King Limited Edition dan menjadi varian terakhir yang dirilis oleh Yamaha hingga saat ini.

Di Indonesia, Yamaha Scorpio sendiri sudah hadir sejak 12 tahun yang lalu. Hingga saat ini sudah terhitung 3 generasi dengan model yang berbeda-beda mulai dari Scorpio G tahun 2002-2004, Scorpio Z tahun 2005-2010 dan New Scorpio Z tahun 2010-2013. Namun kabarnya versi Limited Edition ini adalah yang terakhir dari varian Scorpio. Pasalnya kehadiran motor sport ini di Indonesia akan digantikan dengan R25 yang memiliki mesin lebih besar 250cc dari Yamaha Scorpio yang “cuma” 225cc pada semester kedua 2014 mendatang.

GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia, Eko Prabowo menyebutkan, “New Scorpio King Limited Edition ini memiliki konsep seekor kalajengking raksasa yang sedang memeluk tangki dengan warna emas sebagai simbol kemewahan. Scorpio edisi spesial ini tampil dengan warna emas sehingga semakin terlihat perbedaannya dengan versi standar dan hanya diproduksi sebanyak 1.000 unit saja.”

Lebih istimewanya lagi New Scorpio Z limited edition ini menggunakan warna full black mulai dari crank case hingga block silinder membuatnya terkesan lebih macho sebagai motor sport. Komponen lainnya sepert list speedometer, tabung shock depan, cover body samping, footstep depan maupun belakang, protector muffler dan handle bar memiliki warna titanium emas dengan finishing matte.

Kelebihan Yamaha Scorpio

Dari setiap motor yang dikeluarkan oleh Yamaha selalu memiliki cerita tersendiri. Mulai dari V-ixion (R series menganut konsep motor balap), Byson (FZ Series menganut konsep fighter) dan Scorpio Z sebenarnya adalah yang paling spesial karena berbasis DNA dari motor legendaris Yamaha Serow250 (XT250) Mountain Trail yang berkonsep penjelajah. Jadi sebenarnya Yamaha Scorpio ini adalah motor yang super tangguh dan dapat digunakan untuk berbagai macam medan.

Karena pada mulanya memang Yamaha Scorpio ini didesain sebagai motor penjelajah dari DNA Yamaha Serow XT250 maka torsi dan tenaga yang dikeluarkan sangat besar. Kemudian suspensi monoshock Scorpio juga sangat nyaman untuk segala medan karena memang lahir dari DNA motor offroad yang dapat meredam getaran akibat permukaan jalan tidak rata.

Keunggulan lainnya dari Yamaha Scorpio adalah menggunakan Double Cradle Chassis yang menciptakan handling sangat mantap untuk segala medan. Konstruksi yang digunakan adalah gabungan dari RX King yang terkenal lincah di jalan raya serta mesin dan suspensi khas motorcross dari Yamaha Serow 250.

3 Generasi Yamaha Scorpio di Indonesia

Generasi pertama Scorpio G (2002-2004) adalah RX King dengan mesin 4 tak dengan ciri khas mesin sangat responsif layaknya RX King 2-tak. Desain tangki juga dibuat mengotak sama seperti RX King tetapi memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Model Scorpio generasi pertama ini sudah mulai jarang ditemui di pasaran karena total hanya tersisa 4% dari seluruh motor Scorpio yang pernah diproduksi hingga saat ini.

Generasi kedua Scorpio Z (2005-2010) mengalami perubahan desain tangki lebih modern meninggalkan bentuk boxy seperti RX-King. Desain headlamp dibuat membulat untuk menambah kesan modern tetapi masih tetap memiliki tenaga dan torsi yang bengis dengan mesin 225cc. Dari beberapa perubahan tersebut penjualan Yamaha Scorpio naik sebesar 400% dari generasi sebelumnya.

Generasi ketiga New Scorpio Z (2010-2013) dilakukan perubahan total dimana desain bodi dibuat lebih gagah dengan headlamp yang tidak lagi berbentuk bulat. Desain headlamp diberikan beberapa permainan sudut sehingga terlihat lebih modern dan dinamis seperti Yamaha V-ixion terbaru 2014. Pada bagian atas lampu ditempatkan sebuah visor yang sudah terpasang emblem Yamaha. Sporty!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here