Home Mazda Kelebihan Mobil Mazda 3 Terbaru, Fun to Drive!

Kelebihan Mobil Mazda 3 Terbaru, Fun to Drive!

6294
0

OTONITY.com – Keunggulan Mobil Mazda 3 Indonesia. Pabrikan Mazda selalu terobesi dengan unsur “fun to drive” dalam memproduksi setiap mobilnya. Menurut Mazda, sebuah mobil harus dapat memberikan hiburan yang menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang. Sambil meminjam istilah asing, bukan Mazda namanya jika tidak mampu menciptakan suasana “fun to drive“. Lalu apa kesenangan yang ditawarkan oleh Mazda 3? Berikut ini ada 10 alasan kenapa membeli mobil Mazda 3 atau yang memiliki nama lain Axela.

Mazda 3 atau Mazda Axela merupakan salah satu produk yang penting bagi salah satu produsen mobil terkenal asal Jepang yang bermarkas di kota Hiroshima ini. Tersedia dalam 2 pilihan yaitu hatchback dan sedan. Mazda 3 sendiri tahun lalu menyumbang 30% penjualan global bagi Mazda. Jelas, hal ini bukanlah tugas yang mudah bagi Mazda ketika harus menampilkan Mazda 3 generasi terbaru. Namun, saat hadir dalam beberapa pameran yang menampilkan Mazda 3 tampaknya Mazda dapat memperoleh 2 hal sekaligus, yaitu memuaskan konsumen lama sembari tetap memikat calon konsumen baru.

1. Mazda 3 = 100% Mazda

Selama bertahun-tahun Ford dan Mazda merupakan pasangan sahabat karib yang saling berbagi dalam banyak hal, mulai dari bertukar mesin, platform, hingga pabrik perakitan. Namun, akhir-akhir ini, keduanya sudah berpisah secara baik-baik. Salah satu hasilnya adalah desain mobil Mazda3 yang 100% murni Mazda. Hal tersebut sama seperti yang diungkapkan oleh Ken Saruwangi, Chieft Engineer Mazda 3, “Tidak ada satupun komponen ford yang dipakai oleh Mazda3”. Memang, Mazda 3 terdahulu masih menggunakan platform Ford C1, namun untuk Mazda 3 menganut konsep Skyactiv yang juga digunakan oleh CX-5 dan Mazda6.

2. Desain KODO

Mazda 3 menampilkan bahasa desain Kodo (soul of motion). Hasilnya, sepintas Mazda 3 terlihat seperti miniatur Mazda 6 terutama melalui fender depan yang menggembung, kap mesin yang menjulang dan proporsi bodi belakang yang pendek tetapi memiliki kesan tinggi. Sejatinya, desain Kodo untuk Mazda3 tidak hanya memanjakan mata saja, tetapi juga memiliki nilai fungsional melalui coefficient of drag sebesar 0,275.

3. Penyempurnaan Interior

Menghadapi persaingan yang semakin ketat, seperti Honda Civic dan Toyota Corolla Altis yang semakin kaya fitur dan teknologi, Mazda 3 dipoles habis-habisan oleh para engineer Mazda 3. Pada bagian interior, Mazda 3 menyuguhkan kabin dengan kesan canggih dan berkelas. Terdapat HUD (Head Unit Display) baru denan layar lipat serta sistem infotainment baru yang dapat membaca pesan dan email plus tombol khusus untuk mengakses berbagai menu. Selain itu, ruang kaki atau leg room belakang dibuat lebih lapang.

4. Popularitas Tinggi

Sampai sejauh ini, Mazda 3 masih menjadi tulang punggung penjualan Mazda dengan kontribusi 30% terhadap total pendapatan secara global pada tahun 2013 kemarin. Sejak debut perdananya pada tahun 2003, Mazda3 sudah terjual sebanyak 3.5 juta unit dan sudah dipasarkan di 120 negara. Jadi jangan heran jika Mazda telah mempersiapkan Mazda 3 generasi terbaru ini secara sangat serius.

5. Konsep Tumbuh

Untuk mengakomodasi permintaan konsumen global, sosok Mazda 3 semakin membesar. Jarak sumbu roda ditambah menjadi 61 mm untuk dapat menciptakan ruang kabin yang lebih lapang bagi para penumpang. Mazda mengklaim ruang kaki untuk penumpag belakang dalam Mazda3 terbaru ini bisa mencapai 914 mm. Sementara itu, posisijok baris kedua dinaikkan dengan tinggi 50 mm agar pengemudi dan penumpang merasa jauh lebih nyaman.

6. Teknologi SkyActiv

Secara sederhana, SkyActiv adalah filosofi optimasi dalam berbagai sektor mobil mulai dari mesin, transmisi, sasis hingga bodi. Intinya adalah reduksi berat dan peningkatan efisiensi dilakukan tanpa mengorbankan keselamatan, kenyamanan dan driving dynamics. Sama seperti halnya mobil Mazda CX-5 dan Mazda 6, Mazda 3 terbaru kali ini menampilkan struktur bodi ringan dan kuat (30% lebih kaku dari generasi sebelumnya).

7. Multi Propulsion

Saat tampil pertama kali dalam ajang Tokyo Motor Show 2013 November tahun lalu, Mazda 3 hadir dengan beragam pilihan sistem propulsi, mulai dari mesin bensin, diesel hingga CNG (compressed natural gas). Untuk pasar domestik Amerika Utara, Mazda 3 tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.0 L dan 2.5 L. Sedangkan untuk konsumen global memiliki varian yang lebih bervariasi seperti mesin bensin (1.5L, 2.0L dan 2.5L), mesin diesel 2.2L dan hybrid. Sementara itu untuk tipe Mazda 3 berbahan bakar CNG memiliki tangki BBG 75 liter dan bertekanan 200 bar yang bersifat show unit dan siap diproduksi bergantung permintaan pasar.

8. City Cruiser

Untuk menghadapi berbagai kondisi pemakaian dan situasi lalu lintas yang serba sulit sekarang ini, Mazda 3 menawarkan segudang teknologi cerdas. Hal yang paling menarik adalah perangkat sistem bantu pengemudi seperti lane-departure warning, automatic city breaking, blind spot monitoring, radar based cruise control, forward collision warning dan automatic high beam. Perangkat tersebut sudah masuk dalam sistem i-Activsense yang sebelumnya diperkenalkan melalui mobil baru Mazda 6.

9. i-ELOOP

Serupa dengan sang kakak Mazda 6, Mazda 3 juga dilengkapi dengan fitur i-ELOOP (intelegent energy loop) yang diklaim oleh Mazda sebagai sistem pengereman regeneratif berbasis kapasitor yang pertama di dunia. Berbeda dengan sistem hybrid yang pada umumnya memakai baterai untuk menyimpan energi regeneratif, perangkat kapasitor dalam sistem i-ELOOP ini mampu menyimpan dan melepaskan energi listrik secara cepat serta memiliki usia pakai yang lebih lama.

10. Pricing and Availabillity

Apakah Mazda 3 terbaru Indonesia akan meluncur? Hingga saat ini awal tahun ini memang belum tersiar kabar dari PT Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk memboyong Mazda 3 terbaru ke tanah air. Namun, yang pasti MMI masih terus melakukan studi pasar mengingat volume penjualan di segmen sedan cukup lesu selain sudah ada duet pesaing berat Honda Civic dan Toyota Corolla Altis yang sudah meluncur awal tahun ini. Kisaran harga mobil Mazda 3 di Indonesia berdasarkan harga Mazda 3 yang sudah meluncur di Malaysia adalah Rp 502 Jutaan on the road Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here