Home Mobil Tren Mobil MPV di Indonesia Tahun 2014

Tren Mobil MPV di Indonesia Tahun 2014

3664
0

OTONITY.com – Daftar Mobil MPV di Indonesia. MPV atau biasa disebut dengan multi purpose vehicle selalu menjadi salah satu pilihan ketika seseorang ingin membeli mobil baru ataupun bekas. Jika pembeli tersebut sudah berkeluarga sebuah mobil MPV selalu menjadi pilihan utama. Memang melihat karakteristik orang Indonesia memang unik. Mereka membutuhkan sebuah kendaraan yang dapat membawa penumpang banyak dengan harga terjangkau dan konsumsi bbm yang irit. Jika dilihat dari karakteristik tersebut, pilihan akan jatuh kepada segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Berdasarkan data yang diperoleh dari Gaikindo, penjualan mobil LMPV pada bulan Januari – April tahun 2013 lalu menjapai 124.610 unit atau dengan kontribusi sebesar 32% dari total seluruh penjualan mobil yang ada di Indonesia.

Sebenarnya sebuah keluarga yang membutuhkan mobil jika digunakan sesuai dengan jumlah anggota keluarga, yaitu dua anak cukup dapat dipenuhi dengan mobil 5 penumpang. Tetapi pertimbangan tersebut akan berubah jika melihat kegiatan tahunan keluarga Indonesia yang sudah menjadi tradisi. Kebutuhan pada musim mudik menambahkan daftar persyaratan yang harus dipenuhi saat membeli sebuah mobil baru ataupun bekas. Selain itu mobil dengan bagasi yang luas, ground clearance yang tinggi untuk melewati jalanan berlubang khas pedesaan, dan masih banyak lagi.

Melihat pasar yang sangat gemuk tersebut tidak mengherankan jika mobil MPV memiliki pilihan variasi mesin dan model. Di Indonesia untuk kelas di bawah 1.500 cc ada kolaborasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, disusul Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin. Di kelas 1.500 cc ada Avanza Veloz, Honda Freed, Nissan Grand Livina serta kabar paling anyar mobil baru honda dengan mesin 1.500cc yaitu Honda Mobilio. Kemudian untuk MPV kelas Medium terdapat Toyota Kijang Innova, Kia Carens dan Proton Exora. Tidak lupa ada varian MPV yang menawarkan segala kemewahannya seperti Mazda Biante, Nissan Serena, Toyota Nav1 dan masih banyak lagi.

Sementara itu di masa yang akan datang, segmen ini akan terus memiliki model baru. Misalnya kedatangan Datsun Go yang memiliki harga sangat kompetitif sekitar 100 jutaan rupiah. Sepertinya tahun 2014 para konsumen mobil di Indonesia akan memiliki lebih banyak pilihan mobil di segmen MPV mulai dari kelas terjangkau hingga kelas premium.

Yang terpenting bagi konsumen adalah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Jangan memaksakan diri untuk mendapatkan mobil MPV dengan fitur dan teknologi melimpah tetapi mengorbankan dana keperluan lain yang lebih utama. Saat memilih sebuah mobil yang digunakan untuk keluarga, ada baiknya mengajak serta keluarga saat memilah milah mobil agar seluruh anggota keluarga dapat mencoba dan membandingkan kenyamanan masing-masing mobil yang akan dibeli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here