Home Mobil Mobil Hybrid Ternyata Transmisi Hybrid Juga Digunakan Untuk Truk

Ternyata Transmisi Hybrid Juga Digunakan Untuk Truk

3322
0
truck hybrid fuso 2014

OTONITY.com – Truk Bermesin Hybrid Terbaru 2014. Pada pergelaran Tokyo Motor Show yang lalu, Dr. Albert Kirchman yang menjabat sebagai MFTBC President & CEO and Head of Daimler Trucks Asia telah mengklaim bahwa truk Fuso Eco Canter Hybrid atau varian dari mobil truk hybrid Colt Diesel berkepala kuning, bisa menghemat 2.000 liter solar setiap tahunnya di Jepang.

Fuso Canter di Jepang telah menggunakan kopling ganda atau dual clutch tipe basah. Dual Clutch tersebut dinamakan Duonic tersebut memiliki cara kerja yang mirip dengan dual clutch lainnya. Salah satu kopling akan menangani gir bernomor ganjil, sedangkan rangkaian kopling lainnya menangi gir genap. Saat mengoperasikan gir ganjil, misalnya kopling lainnya sudah terkoneksi dengan gir genap sehingga perpindahan gigi lebih halus dan responsif.

Selain itu, Eco Canter Hybrid telah menempatkan motor di transmisinya. Motor tersebut menghasilkan  daya 40 kW dan 220 Nm. Dengan tenaga yang bertambah sangat berguna saat Canter Truck membawa beban berat saat bermanuver di jalan tanjakan ataupun kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan. Saat deselerasi, motor berubah menjadi generator dan listrik yang dihasilkan itu ditempatkan pada serangkaian aki di sebelah kanan tengah sasis Canter. Menurut Kirchmann, Eco Canter Hybrid ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 25% dibandingkan truk dengan sistem penggerak konvensional.

Dengan torsi maksimum yang setara dengan mesin Diesel 3.0L, pengemudi tidak perlu repot-repot menekan gas lebih dalam karena tenaga yang dihasilkan seketika itu saat Canter mulai bergerak. Dengan paduan Duonic, kehilangan daya akibat perpindahan transmisi menjadi lebih minim, seperti yang digunakan pada transmisi manual. Demikian juga jika diperbandingkan dengan transmisi otomatis konvensional degnan torsi konverter tanpa locking. Putaran mesin lebih tinggi diperlukan supaya bilah-bilah torsi saling beresonansi satu sama lainnya sehingga torsi mesin dapat disalurkan ke transmisi secara optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here