Home Mobil Ada Mobil Tahan Api Hagglunds Siaga di Gunung Kelud

Ada Mobil Tahan Api Hagglunds Siaga di Gunung Kelud

1886
0

OTONITY.com – Mobil Tahan Api Hagglunds Gunung Kelud. Pada pagi kemarin sebelum Gunung Kelud meletus, ketua Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini yaitu mantan presiden Jusuf Kalla (JK) mengadakan apel siaga di daerah posko-posko bencana yang terletak di area Gunung Kelud, hari Rabu (12/2). Jarak tempat Jusuf Kalla berada tersebut hanya sekitar 8 km saja yang berada dalam jarak bahaya terkena erupsi Gunung Kelud.

Apel pagi tersebut diikuti oleh setidaknya 400 anggota PMI se-karisidenan Kediri yaitu Nganjuk, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung. Bahkan, ada juga yang berasal dari anggota PMI Kota Malang dan Kabupaten Malang.

“Selain melakukan persiapan untuk tanggap bencana, para personel dari PMI juga mengadakan rapat untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan saat Gunung Kelut meletus. Karena letusan kali ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Gunung Kelud,” kata Kepala PMI Jawa Timur yaitu Djoni Irianto.

Mobil Hagglunds Gunung Kelud

Untuk mengantisipasi erupsi Gunung Kelud yang sudah terjadi kemarin (13/2), PMI Pusat sudah menyediakan sebuah mobil evakuasi yang memang digunakan untuk kondisi bencana alam buatan Swedia yaitu Hanggluds. Kendaraan tersebut didatangkan oleh PMI dari gudang regional PMI Jawa Timur di Gresik pada sore harinya sebelum terjadi letusan.

Mobil Hagglunds mirip dengan tank lengkap dengan roda rantai cocok untuk segala medan termasuk kawasan gunung berapi yang bisa menyebabkan ban biasa meletus. Mobil penyelamat seperti ini juga pernah disediakan pada saat bencana yang terjadi di Sinabung tempo hari. Selain memang tangguh untuk segala medan, mobil Hagglunds tahan terhadap hawa panas gunung berapi dan dapat menampung setidaknya 10 orang yang akan dievakuasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here