Home Kawasaki Kawasaki Ninja 2 Tak Akan Tidak Diproduksi Lagi, Ini Alasan Kawasaki!

Kawasaki Ninja 2 Tak Akan Tidak Diproduksi Lagi, Ini Alasan Kawasaki!

4450
0

OTONITY.com – Alasan Kawasaki Menghentikan Produksi Kawasaki Ninja 2-Tak. Motor sport Kawasaki yang menggunakan mesin dua tak sudah bertahun-tahun menemani bikers tanah air dan sudah memiliki penggemar fanatik. Cerita sedihnya adalah PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan menghentikan produksi motor sport 2 tak merek yaitu Kawasaki Ninja 150 R dan RR pada Juli 2015 mendatang. Alasan utama motor dua tak milik Kawasaki ini tidak diproduksi kembali adalah regulasi Euro 3 yang mengharuskan motor keluaran terbaru harus memiliki emisi gas buang ramah lingkungan.

“Selain tidak lagi memenuhi standar Euro 3, kami KMI memang ingin menggantinya dengan sportibike 250cc yang sama-sama menggunakan satu silinder 4 stroke di bawah Kawasaki Ninja 250cc dua silinder. Saat ini motor sport 1-silinder Kawasaki juga sudah diluncurkan di Indonesia yaitu Ninja RR Mono,” kata Dewi Septiani selaku Sales & Promotion Departement PT KMI.

Kedua sportbike Kawasaki dengan mesin 2 tak dan kubikasi 150cc memang terkenal memiliki akselerasi yang kencang. Bahkan hingga saat ini di Indonesia, Kawasaki menjadi satu-satunya produsen motor sport yang masih memproduksi dan menjual motor 2 tak.

Kawasaki Ninja 250 RR Mono diharapkan dapat mengobati kehadiran dari sportbike 2 tak Kawasaki di Indonesia. Meskipun di kelas 250cc bukannya tanpa pesaing, di kelas tersebut sudah terdapat Honda CBR250R dan belum lagi Yamaha R25 yang akan meluncur di Indonesia pada semester kedua tahun 2014 ini. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa motor sport Kawasaki di kelas 150cc? Jika tidak salah hanya ada KLX 150L dan KLX 150S. Saat ditanya hal tersebut, Dewi Septiani belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Di kawasan Eropa, sejumlah pabrikan otomotif masih menjual model 2 tak namun memiliki emisi yang tetap sesuai dengan regulasi Euro 3 karena mungkin ada beberapa aspek yang dikurangi, salah satunya seperti tingkat akselerasi. Jadi, penghentian produksi motor Kawasaki Ninja 2 tak ini selain tidak memenuhi standar Euro3 juga semakin menurunnya penjualan di Indonesia yang sudah mulai bergesar pada motor sport 4 tak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here