Home Mobil Tips Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir Ala Rifat Sungkar

Tips Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir Ala Rifat Sungkar

4153
0

OTONITY.com – Cara Mengatasi Mobil Mogok Saat Banjir. Beberapa bulan terakhir di Indonesia mendapatkan curah hujan yang cukup tinggi dan memicu terjadinya banjir. Hal tersebut cukup mengkhawatirkan bagi pemilik mobil karena dapat mengakibatkan kerusakan serius. Mobil bekas banjir biasanya mengalami kerusakan mesin dan kelistrikan dikarenakan menerobos banjir ataupun didiamkan tergenang air.

Mungkin jika anda tetap nekat menerobos banjir beberapa tips dari pembalap dan pemerhati otomotif tanah air Rifat Sungkar bisa membantu anda.

Rifat Sungkar memberikan beberapa saran penting yang bisa diikut jika mobil mengalami mogok saat melintasi genagan air sehingga tidak memperparah kondisi kerusakan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan menurut Rifat Sungkar adalah sebagai berikut:

1. Periksa Filter Udara

Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang akan memasuki mesin. Jika filter udara tersebut dalam keadaan kering maka dapat berfungsi dengan baik. Namun, jika dalam kondisi basah atau lembab akan mengurangi kinerja filter udara tersebut. Dianalogikan oleh Rifat Seperti hidung manusia yang terkena flu tentu akan mengganggu pernafasan.

Penyebabnya terhadap mobil adalah bisa langsung mogok, kalaupun masih dapat berjalan tetapi performa mesin akan berkurang dan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

2. Periksa Kabel Busi

Mobil keluaran terbaru memang kebanyakan sudah menggunakan kabel busi yang anti air. Namun tidak menutup kemungkinan tetap kemasukan air saat melintasi jalanan banjir.

Jika kabel busi tersebut dalam keadaan basah, tindakan pertama yang dapat ditempuh adalah dilap dan ditiup hingga kering. Setelah kering baru dipasangkan kembali dan mobil dapat berjalan dengan normal.

3. ECU (Electronic Control Unit)

Jika anda melintasi daerah banjir yang cukup tinggi kemungkinan besar ECU akan terendam. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya anda jangan berusaha menyalakan mobil kembali karena dapat menyebabkan konsleting pada kelistrikan mobil.

Mobil terbaru saat ini kelistrikannya sudah terintegrasi pada setiap komponen. Jadi jika terjadi satu kerusakan dapat menjalar pada kerusakan komponen lainnya. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya anda langsung membawa mobil tersebut ke bengkel untuk mendapatkan penanganan oleh ahlinya.

4. Jangan Panik

Biasanya jika tiba-tiba mobil mengalami mogok, kita sebagai pengemudi ataupun penumpang di dalam mobil akan merasa panik dan kesal. Tetapi, lebih baik anda bersikap tenang dan berpikiran positif sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dan tidak semakin memperburuk keadaan.

5. Bahan Bakar

Saat berpergian dalam kondisi hujan lebat atau banjir sebaiknya dipastikan bahan bakar yang tersedia di tangki mencukupi karena biasanya sewaktu mengemudi mobil saat hujan atau banjir jalanan akan macet. Bayangkan saja jika saat kemacetan bensin anda habis? Apakah anda mau mendorongnya ditengah-tengah keadaan banjir atau hujan lebat?

Itulah tadi beberapa tips mobil tentang mengantisipasi mobil mogok saat terjebak banjir dari Rifat Sungkar. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here