Home Honda Perbedaan New Mega Pro FI Dan Yamaha Byson

Perbedaan New Mega Pro FI Dan Yamaha Byson

4404
0

OTONITY.com – Perbedaan Yamaha Byson Dan New Mega Pro FI Terbaru. Memang semenjak diluncurkannya pada tahun 2010 yang lalu, Honda New Mega Pro dan Yamaha Byson langsung bersaing, tidak hanya bersaing di performa maupun harganya saja, tapi juga bersaing di seluruh kapasitasnya seperti konsumsi bensin dan mesin, bahkan saat itu pernah di tes di sirkuit sentul namun pada waktu yang berbeda.

Dan setelah 3,5 tahun, akhinya PT Astra Honda Motor melakukan penyegaran tampilan dan teknologi injeksi terhadap New Mega Pro, namun sayangnya pihak Yamaha tidak melakukan perubahan yan signifikan, hanya striping saja yang mengalami perubahan. Yamaha Byson injeksi rencananya baru akan diluncurkan pada tahun 2015 mendatang. Bagaimana hasilnya kalau kedua motor sport ini dilakukan tes kembali untuk menentukan siapa yang lebih unggul? Mari sama-sama kita lihat hasil akhirnya.

1. Riding Position

Untuk hal yang satu ini, keduanya mengusung taste yang berbeda meskipun mengusung konsep yang sama yaitu naked bike street fighter. Yamaha Byson terasa banget street fighternya, dengan lengan terbuka lebar sehingga memamerkan dada dan sedikit merunduk ke depan sehingga terkesan gagah, sedangkan untuk New Mega Pro terkesan santai karena punya stang yang agak tinggi dan tidak terlalu lebar membuat pengendara tidak mudah capek.

2. Konsumsi Bensin

Keduanya sama-sama menggunakan bensin beroktan 92, dan ternyata New Mega Pro FI lebih hemat yakni 40 km/lt. Sedangkan Byson hanya 32 km/lt.

3. Desain

Sementara untuk desainnya, keduanya mempunyai ciri khas yang berbeda. Byson terlihat lebih kekar dan lebih macho dengan lekuk-lekuk ala otot tubuh six pack. Sementara New Mega Pro terlihat lebih kalem serta tidak terlalu menonjol. Malah terlihat seperti otot atlet pelari yang tetap kuat namun tidak terlalu besar.

4. Handling & Performa

Untuk masalah performa, New Honda Mega Pro FI terlihat lebih anteng saat diajak bermanuver kecepatan tinggi. Sedangkan Byson terasa lebih lembut dan ringan saat melibas jalan rusak dan menanjak. New Mega Pro FI lebih unggul karena mampu mencapai top speed kecepatan 111 km/jam sementera byson kalah tipis hanya 110 km/jam.

5. Harga

Untuk harganya sendiri keduanya dipatok tidak jauh berbeda, harga Byson Rp 21,25 juta. Sedangkan New Mega Pro hanya Rp 20,45 juta untuk harga OTR (on the road) Jakarta.

6. Fitur dan Teknologi

Dari sisi fitur dan kedua teknologi pun sebenarnya juga hampir sama, Byson menggunakan full digital pada sistem panel indikatornya, sementara pada New Mega Pro FI menggunakan kombinasi antara digital dan analog. Tangki keduanya pun juga mirip, yakni sama-sama berkapasitas 12,3 liter. Sementara untuk masalah teknologi, New Mega Pro lebih di unggul karena menganut sistem PGM FI sehingga lebih ramah lingkungan serta lebih hemat bahan bakar, sementara Byson masih menggunakan karburator sehingga gas pembuangan emisinya tidak sebaik New Mega Pro FI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here