Home Mobil Tips Mobil Setelah Banjir, Ada Banyak Komponen Yang Harus Diperiksa!

Tips Mobil Setelah Banjir, Ada Banyak Komponen Yang Harus Diperiksa!

1940
0

OTONITY.com – Cara Memeriksa Kerusakan Mobil Setelah Banjir. Musim hujan memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik kendaraan roda empat, terlebih lagi mobil yang mempunyai bentuk ceper yang pastinya selalu tergenang air ketika digunakan untuk melintasi jalanan banjir. Bagi anda pemilik mobil berhati-hatilah dan langsung periksakan kendaraan anda ke dealer resmi atau bengkel terpercaya karena bisa saja mesin mobil anda kemasukan air dan pastikan jika komponen kelistrikan mobil anda baik-baik saja.

“Jika ada waktu luang, ada baiknya anda periksakan kendaraan anda ke dealer dan periksa perangkat yang dilalui listrik,” ungkap salah satu mekanik mobil spesialis kelistrikan yang berada di Jakarta. Perlu kita ketahui kalau air merupakan penghantar listrik yang cukup baik, apabila konektor atau terminal listrik tersambung dengan air maka bisa menyebabkan konsleting pada kendaraan anda, hal terburuknya adalah bisa saja mobil anda mengalami kebakaran saat terjadi korsleting mesin tersebut.

Berikut komponen-komponen mobil yang wajib anda periksa setelah mengalami kebanjiran :

Altenator

Merupakan sumber dari seluruh tenaga listrik yang ada di dalam mobil, biasanya alat ini juga dinamakan generator karena fungsinya menyuplai listrik ke aki. Meskipun setelah terkena banjir kendaraan anda tidak mengalami masalah yang mencurigakan, sebaiknya tetap periksakan kendaraan anda agar servis Altenator untuk menghilangkan sisa air yang ada didalamnya.

Ecu

Mobill-mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi untuk mengatur bahan bakar kendaraan. Kalau ECU ini sampai kemasukan air maka akibatnya sangat fatal karena terdapat komponen seperti IC. Mobil dipastikan bakal mogok apabila ECU terkena air, jadi sebelum hal itu terjadi maka segeralah periksa ECU anda setelah tergenang banjir.

Soket

Meski sering dianggap sepele namun soket ini merupakan piranti penting yang dapat menghantar air ke listrik sehingga bisa mengakibatkan konsleting.

Sekring

Sekring berfungsi untuk menangkal listrik yang nyasar dan menyebabkan korsleting, tetapi kalau air bisa masuk ke komponen ini maka kerusakannya pun bisa bertambah parah.

Kompressor AC

Alat ini berfungsi memompa refrigerant untuk menghasilkan hawa dingin ketika AC dihidupkan, jadi jangan heran kalau alat ini terkena air saat banjir maka AC pun tidak akan menyala karena megnethic switch mengalami masalah.

Relay

Berfungsi sebagai switch untuk listrik berarus besar seperti dinamo starter atau lampu utama. Apabila alat ini kemasukan air maka bisa dipastikan kendaraan anda akan terjadi konsleting yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Kabel

Ini dia komponen yang harus terlindungi dari genangan air, sebenarnya kabel sudah dibungkus supaya tidak terkena air, tapi kalau terdapat sedikit saja celah yang terkelupas pada kabel tersebut maka siap-siaplah kendaraan anda mengalami masalah yang cukup serius.

Injektor

Mobil baru dengan teknologi injeksi pasti memiliki seperangkat nosel penyemprot bahan bakar yang juga diaktifkan lewat listrik. Meski tenaganya kecil namun nosel injektor sangat rawan terkontaminasi air.

Untuk menghindari berbagai masalah pada kendaraan anda maka ada baiknya periksakan mobil anda ke bengkel resmi maupun bengkel terpercaya. Jika kita biarkan terus menerus maka bisa saja mobil yang anda miliki mengalami kerusakan yang fatal dan membutuhkan biaya yang besar untuk perawatan. Tentu sangat menjengkelkan bila saat dalam posisi banjir mobil anda mogok, mungkin tips berikut ini bisa membantu anda: Tips Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here