Home Mobil Perbedaan Teknologi Mesin SOHC Dan DOHC

Perbedaan Teknologi Mesin SOHC Dan DOHC

7248
0

OTONITY.com – Perbandingan Mesin DOHC vs SOHC.┬áDahulu mobil hanya menggunakan mesin berteknologi OHV (Overhead Valve) yang pada saat itu letak dari camshaft terdapat di bawah katup. Banyak yang beranggapan kalau teknologi ini kurang efisien dan dianggap punya banyak kelemahan, untuk itulah diciptakan teknologi baru yang bernama SOHC (Single Overhead Camshaft) dengan posisi camshaft yang semula berada dibawah dipindahkan ke atas katup. Terasa belum puas dengan teknologi SOHC lalu berkembanglah teknologi tersebut menjadi DOHC (Double Overhead Camshaft), teknologi ini memiliki dua camshaft yang masing- masing memiliki gear tersendiri dan langsung terhubung dengan puli kruk-as.

Mobil baru saat ini banyak yang sudah menggunakan teknologi DOHC maupun SOHC, bahkan ada mobil yang menggunakan kedua teknologi sekaligus dalam satu kendaraan. Lalu teknologi mana yang lebih unggul dan apa saja kelebihan dan kekurangan antara keduanya? Contohnya saja Honda Mobilio dan juga Honda Jazz yang menggunakan teknologi SOHC atau Suzuki Ertiga dan Toyota Yaris yang sama-sama menggunakan DOHC. Meskipun SOHC menggunakan Overhead Camshaft single bukan berarti teknologinya kalah dengan milik DOHC.

Berikut adalah perbedaan Teknologi SOHC dan DOHC :

1. SOHC memiliki dimensi yang lebih ringan serta mesinnya pun lebih efisien dibandingkan milik DOHC, sedangkan teknologi DOHC lebih bertenaga dan kuat, namun dengan kemajuan teknologi saat ini DOHC juga sanggup mengimbangi efisiensi dari SOHC.

2. Pada penggerak klep SOHC menggunakan rocker arm atau pelatuk sedangkan pada DOHC langsung menekan cincin dan selanjutnya per klep.

3. Mesin SOHC memiliki tampilan yang lebih ramping dibandingkan milik DOHC, dengan bentuknya yang kecil sehingga tidak memakan ruang yang lebih banyak. Keunggulan lain dari teknologi SOHC adalah penggunaan bahan bakarnya yang lebih efisien dan lebih hemat, itu disebabkan karena penggunaan camshaft yang hanya satu. Sedangkan keunggulan pada teknologi DOHC adalah mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar sehingga dapat berakselerasi lebih baik dibandingkan milik SOHC.

Itulah perbedaan mesin mobil yang berteknologi SOHC dan DOHC, semoga membantu anda yang sedang bingung menentukan mobil terbaru yang paling cocok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here