Home Jenis Mobil City Car Perbedaan Rem Toyota Agya A/T Dan M/T Indonesia

Perbedaan Rem Toyota Agya A/T Dan M/T Indonesia

3861
0

OTONITY.com – Mobil Toyota Agya Indonesia 2014. Toyota Agya yang dipasarkan di Indonesia ini memiliki dua pilihan transmisi yaitu transmisi otomatis dan juga transmisi manual, kalau kita lihat secara seksama ternyata ada beberapa perbedaan yang terdapat di antara keduanya, tipe ini tidak hanya berbeda pada transmisinya saja namun sistem pengereman pun juga tidak sama terutama pada rem cakram. Kalau pada Agya matik menggunakan disc brake berukuran 13 inchi sedangkan pada versi manual berukuran lebih kecil yakni 12 inchi. Itu disebabkan karena mobil matik mengandalkan pengereman 100 persen untuk melambatkan kecepatannya karena mobil versi ini tidak memiliki engine brake sehingga sistem pengeremannya pun juga harus lebih pakem.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa ukuran disc brake pada mobil transmisi otomatis lebih besar dibandingkan versi manual, kalau pada mobil transmisi manual hanya mengandalkan cakram solid sedangkan pada rem cakram milik mobil matik dilengkapi dengan sistem ventilasi. Sistem ini berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas ke udara sehingga kinerja rem cakram bisa lebih optimal. Rem cakram pada mobil matik kerjanya lebih berat dan cepat panas dibandingkan dengan mobil transmisi manual, meskipun mobil manual menggunakan disc brake berukuran 12 inci namun pengeremannya pun juga tidak kalah pakem dengan milik mobil matik. Ukuran tersebut sebenarnya sudah cukup baik untuk sekelas mobil Toyota Agya yang mempunyai bentuk kecil ini, semuanya sudah melalui pengujian terlebih dahulu sebelum dipasarkan keseluruh Indonesia, jadi sistem pengeremannya pun dapat dipastikan teruji keamanannya.

Rem Toyota Agya

Meskipun sama-sama bermerek Toyota Agya, bukan berarti disc brake berukuran 13 inci dapat dipasang pada mobil transmisi manual. Selain akan mengurangi kinerja dari rem itu sendiri, dengan mengubah disc brake tersebut maka garansi mobil anda juga turut dihapuskan. Selain itu ukuran kampas rem pun tidak sama sehingga saat melakukan pengereman kinerjanya tidak bisa optimal dan bisa saja membahayakan pengemudi.

Untuk itu disarankan bagi anda yang memiliki mobil Toyota Agya versi manual untuk tidak mengganti disc brake berukuran lebih besar karena bisa sangat berbahaya, begitu pun sebaliknya bagi anda yang memiliki Agya versi matik juga tidak disarankan untuk mengganti disc brake yang lebih kecil karena sebenarnya disc brake bawaan mobil sendiri sudah dirancang dengan sebaik mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here