3 Cara Upgrade Rem Motor Agar Lebih Pakem

0
tips rem motor pakem 2014

OTONITY.com – Upgrade Rem Motor Cakram Maupun Tromol. Rem pada kendaraan merupakan komponen terpenting yang harus sering kita periksa keadaannya, kalau kita tidak mempedulikannya maka siap-siaplah mengalami kecelakaan yang bisa berakibat meregangnya nyawa.

Umumnya pengereman bawaan motor sudah cukup bagus untuk digunakan, namun biasanya semua sistem pengereman tersebut mempunyai jangka waktu tersendiri, terkadang rem motor yang sudah habis masanya akan mengalami berbagai masalah seperti rem yang berbunyi atau terasa berat saat melakukan pengereman.

Namun bagi anda yang kurang puas dengan rem bawaan motor maupun rem anda sudah waktunya untuk diganti maka kita bisa juga meng upgrade-nya untuk mendapatkan pengereman yang lebih optimal. Upgrade pengereman bisa dilakukan dengan beberapa tahap, misalnya tahap pertama ganti master rem, tahap kedua selang rem, tahap ketiga cakram lebar dan seterusnya. Berikut tahap upgrade rem kendaraan bermotor :

Tips Upgrade Rem Motor

 

1. Kalau remnya hanya sedikit mengalami masalah dan masih bisa digunakan maka anda cukup mengganti master rem pakai merk atfer market. Dipasaran ada Brembo untuk merek branded yang mempunyai harga cukup tinggi hingga merek KTC dan KRS yang mempunyai harga bervariasi. Harganya berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 4,5 jutaan.

Master rem aftermarket umumnya mempunyai kemampuan yang cukup besar dan empuk ketika ditarik, selain itu ada juga fitur pengaturan jarak handel supaya lebih mudah difungsikan, sekedar info kalau peraturan balap resmi mewajibkan motor balap untuk mengganti selang rem dengan bahan steel.

2. Ditahap kedua ada penambahan pada cakram lebar dan juga kampas rem racing yang pastinya mempunyai kemampuan yang lebih baik dan lebih pakem, tampilannya pun juga lebih keren dibanding varian standar dari pabrik.

3. Ditahap terakhir ini ada penambahan kaliper rem aftermarket dan juga minyak rem. Untuk digunakan harian cukup memakai kaliper dengan dua atau empat piston yang bergerak kanan-kiri, bukan salah satu sisi seperti kaliper rem bawaan motor pada umumnya.

Baca juga: Kelebihan Kekurangan Rem ABS

Dengan begitu kemampuan tekan cakram makin kuat dan merata pada semua sisi. Karena kemampuan rem lebih baik dan menghasilkan panas yang lebih banyak maka disarankan untuk menggunakan minyak rem minimal DOT 4 atau bahkan DOT 5 karena jika menggunakan di bawah batas tersebut maka rem tidak tahan panas, akibatnya rem seperti kemasukan angin karena minyak rem berbuih. Efeknya rem tidak berfungsi dan semua komponen yang terpasang menjadi tidak ada gunanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY