Home Mobil Suzuki Ertiga Dan Swift India Direcall, Indonesia Aman?

Suzuki Ertiga Dan Swift India Direcall, Indonesia Aman?

1711
0

OTONITY.com – Mobil MPV Suzuki Swift Dan Ertiga Bermasalah. Setelah beberapa waktu yang lalu Toyota merecall jutaan mobilnya karena mengalami masalah pada sistem airbag, kini giliran Suzuki mengalami hal serupa dengan menarik puluhan ribu unit kendaraannya karena mengalami masalah pada sistem pengisian bahan bakar. Suzuki Ertiga yang merupakan varian cukup laris di Asia harus ditarik dari pasaran dan jumlahnya pun mencapai belasan ribu unit, Selain itu Suzuki juga merecall varian Swift dan juga Dzire.

Total sebanyak 13.593 unit Suzuki Ertiga produksi bulan November 2013 dan juga produksi Februari 2014 harus ditarik dari pasaran yang ada di India, sementara Suzuki Dzire mengalami hal serupa dengan jumlah 42.481 unit. Recall paling banyak terjadi pada Suzuki Swift yang jumlahnya mencapai 47.237 unit. Ketiga varian mobil ini mengalami permasalahan yang sama yaitu kerusakan pada bagian leher pengisian bahan bakar minyak. Pihak Suzuki menyarankan bagi pemilik mobil yang masuk dalam daftar recall untuk segera memeriksakan kendaraannya pada dealer resmi milik Suzuki yang tersebar di seluruh dunia.

Apabila kerusakan tersebut tidak segera diperbaiki, maka bisa saja kendaraan akan mengalami kebocoran pada tangki mobil yang membuat bahan bakar tercecer sehingga mobil menjadi rawan kebakaran. Pihak Suzuki memastikan kalau perbaikan tersebut tidak dipungut biaya sepersen pun alias gratis.

Pada tahun 2013 kemarin saja mobil MPV Suzuki Ertiga sudah menarik mobilnya dari pemasaran sebanyak 306 unit, sedangkan Suzuki Swift sebanyak 592 unit, lalu Dzirre sedan di recall sebanyak 581 unit produksi bulan Oktober 2013. Lalu bagaimana dengan Suzuki Ertiga dan Swift yang ada di Indonesia? Davy J Tuilan selaku 4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan kalau pihaknya sampai saat ini belum mendapat laporan mengenai permasalahan tersebut. Yang pasti Suzuki Swift di Indonesia aman dari recall.

“Suzuki Swift yang ada di Indonesia itu berasal dari Thailand, jadi dapat dipastikan kalau varian tersebut aman dari penarikan. Sedangkan untuk yang Ertiga sampai saat ini saya belum mendapatkan informasi dari tim produksi. Itu berarti Ertiga sampai saat ini aman-aman saja, namun kalau nanti memang terjadi kerusakan maka tim produksi akan menghubungi saya karena ini masalah penting,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here