Home Mobil Harga Mobil Murah Di Indonesia Naik Bulan Juli 2014

Harga Mobil Murah Di Indonesia Naik Bulan Juli 2014

2775
0

OTONITY.com – Harga Baru Mobil Murah Tahun 2014. Pada tahun 2013 silam pemerintah Indonesia telah membuat peraturan tentang mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat supaya membeli mobil hemat bahan bakar serta menekan jumlah produk impor yang dibanderol cukup mahal, namun kebijakan tersebut saat ini mendapat kecaman dari seluruh peserta LCGC, mereka menuntut supaya pemerintah mengubah acuan harga mobil murah yang sebelumnya hanya Rp 95 juta supaya dinaikkan sekitar Rp 100 jutaan.

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian yaitu Budi Darmaji mengungkapkan kalau sejumlah peserta LCGC meminta pemerintah untuk segera menaikkan harga. “Tapi kami akan tunggu sampai program LCGC ini berjalan genap setahun dulu, mungkin sekitar bulan Juni atau Juli ini baru akan selesai, setelah itu kami akan membahasnya,” Ujar budi.

Pemerintah sendiri sudah membuat program tersebut sejak tahun lalu melalui Peraturan Menteri Perindustrian No.33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Jadi bagi semua produk yang terdaftar dalam program LCGC maka ditetapkan harga maksimal Rp 95 juta Off The Road.

mobil murah indonesia 2014 Naik

Di dalam peraturan tersebut juga dijelaskan jika kendaraan yang dipasarkan menggunakan transmisi otomatis, maka pihak produsen boleh menaikkan harga maksimal 15 persen saja. Sedangkan harga Off The Road bisa menyesuaikan dengan kondisi pasar, inflasi keuangan serta kurs nilai tukar rupiah.

Saat ini nilai tukar rupiah memang sedang memburuk, alasan tersebut yang membuat para peserta LCGC meminta pemerintah untuk menaikkan harga mobilnya, “Kami memang menyadari kalau nilai tukar rupiah pada beberapa bulan terakhir ini terus mengalami penurunan, hal inilah yang menyulitkan para industri mobil mulai dari perakitan kendaraan, harga bahan baku, nilai tukar dan juga inflasi,” imbuh Budi.

Dengan keadaan yang seperti ini maka pemerintah melalui Kementrian Perindustrian akan membuat peraturan baru termasuk membahas harga yang akan diterapkan, bisa saja mobil-mobil yang terdaftar di LCGC ini akan mengalami kenaikkan harga mulai bulan Juli 2014 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here