Intip 4 Ciri-Ciri HAM (Hak Asasi Manusia) Sesuai dengan Landasan Hukum

by

OTONITY.com – HAM memang sudah melekat pada diri manusia sejak lahir. Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai ciri-ciri HAM yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Selain memiliki kewajiban, manusia juga memiliki hak-hak dasar yang mana harus mereka terima. Setiap manusia memiliki hak dan sudah diakui secara universal. Hak yang dimaksud adalah Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca juga: Intip 4 Cara Menghentikan Haid dalam 1 Jam, Buat Aktivitasmu Makin Lancar Tanpa Hambatan

Baca juga: Apa Itu HAM? Simak Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) Menurut Para Ahli di Sini!

Baca juga: Profil dan Biodata Ryan Grantham, Aktor Web Series Riverdale yang Tega Membunuh Ibunya Tanpa Alasan

Dengan adanya HAM sendiri, dapat membantu mengurangi segaja jenis tindakan kekerasan, perampasan, penganiayaan, dan sebagainya yang mana dulu sering terjadi di masyarakat. Hak tersebut juga dapat melindungi hidup dari seseorang.

Pengertian HAM

Dilansir dari berbagai sumber, HAM merupakan sebuah hak dan kebebasan fundamental bagi semua orang, tanpa memandang kebangsaan, jenis kelamin, asal kebangsaan atau etnis, ras, agama, bahasa atau status lainnya.

Hak asasi manusia sudah mencakup hak sipil dan politik, seperti hak untuk hidup, kebebasan dan kebebasan berekspresi. Selain itu, ada juga hak sosial, budaya dan ekonomi, termasuk hak untuk berpartisipasi dalam kebudayaan, hak atas pangan, hak untuk bekerja sampai dengan hak atas pendidikan.

Berdasarkan Undang-undang no. 39 tahun 1999, pengertian HAM merupakan seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia. Sedangkan pengertian HAM menurut Mukadimah Universal Declaration of Human Right (Deklarasi Universal HAM) tahun 1948 adalah setiap orang punya hak yang sama untuk memperoleh kebebasan, keadilan, dan perdamaian dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×