×

Sejarah Pemberlakuan Roe VS Wade, Hak Aborsi Untuk Para Wanita di Amerika Serikat

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai apa itu Roe vs Wade yang baru-baru ini viral karena keputusan pencabutan dari Mahkamah Agung Amerika Serikat. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui dari berbagai sumber jika The Supreme Court of United States atau Mahkamah Agung Amerika Serikat telah memutuskan mencabut hukum Roe vs Wade, yang berisikan larangan bagi para wanita untuk melakukan aborsi pada 24 Juni 2022.

Baca juga: Heboh! Demonstrasi Besar-Besaran di Depan Mahkamah Agung Amerika Serikat Usai Pencabutan Roe vs Wade

Baca juga: Nonton Streaming dan Download Drama China Heroes 2022 Episode 22 Sub Indo Konflik Wang Xiao Shi Makin Greget

Baca juga: Awal Mula Demo Roe VS Wade di Amerika Serikat, Hak Aborsi Resmi Dibatalkan Mahkamah Agung

Pencabutan tersebut ternyata berdampak pada masyarakat yang tidak terima dan melakukan demo di depan Mahkamah Agung Amerika Serikat. Hal tersebut dikarenakan pencabutan itu telah menegaskan bahwa hak konstitusional untuk aborsi bagi jutaan wanita di US ditiadakan.

Apa Itu Roe vs Wade?

Merangkum dari berbagai situs, pada tahun 1969, seorang perempuan berusia 25 tahun bernama Norma McCorvey menggugat hukum larangan aborsi di Texas. Negara bagian Texas menganggap bahwa aborsi merupakan sebuah tindak inkonstitusional, kecuali jika sang ibu terancam nyawanya.