Tips dan Cara Lolos KIP Kuliah 2022, Wajib Catat! Ini Solusi Untuk Kamu yang Butuh Biaya Kuliah

by

OTONITY.com – Jenjang perguruan tinggi biasanya menjadi momok bagi para peserta didik yang tidak memiliki biaya. Namun, kali ini masalah tersebut sudah dapat teratasi dengan bantuan pemerintah yang memberikan kemudahan dalam pendidikan salah satunya dengan adanya KIP Kuliah.

Di tahun 2022, ternyata KIP Kuliah juga memberikan kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk meraih mimpinya belajar di kursi perguruan tinggi. Nah, apabila kamu ingin mendaftar dan mencari tahu bagaimana tips untuk bisa lolos KIP dapat kamu simak informasi selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Simak Cara Menghitung IPK SMK Terbaru 2022, Untuk Keperluan Daftar Kuliah Hingga Kerja

Baca juga: Ini Dia Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi 2022, Bisa Capai Lebih dari 80 Juta Per Bulan

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Korea Selatan, Banyak Peluang untuk Ketemu Idol Kpop dan Artis Drakor, Buruan Daftar!

Sebelumnya, pemerintah memberikan bantuan bagi para pelajar di beberapa jenjang melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan, serta kesempatan belajar kepada peserta didik. Nah, bagi mahasiswa ternyata dapat menggunakan KIP Kuliah untuk bisa mendapatkan fasilitas seperti PIP.

Pada program untuk perguruan tinggi memiliki pembahasan yang direalisasikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.  Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) adalah bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

KIP Kuliah 2022

Berdasarkan UU no 12/2012 tentang pendidikan tinggi, pemerintah telah memberikan kemudahan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan, serta kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial.

Perlu diketahui jadwal untuk proses KIP Kuliah 2022 memiliki timeline seperti berikut.

Registrasi Akun KIP Kuliah: 2 Februari – 31 Oktober 2022

Sosialisasi KIP Kuliah 2022: 2 Februari 2022 – 30 Juni 2022

Penetapan Penerima: 1 Juli – 31 Oktober 2022

Cara Lolos KIP Kuliah 2022

Dalam pendaftaran KIP Kuliah 2022, tentunya kamu harus memperhatikan syarat dan langkah-langkahnya yang harus kamu perhatikan agar bisa memenuhi kriteria.

Tips untuk lolos KIP Kuliah 2022 yang pertama adalah kamu harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut.

×