KIP Kuliah 2022, Pahami Syarat Hingga Cara Daftarnya Untuk Bisa Memperoleh Bantuan Kuliah!

by

OTONITY.com – Memasuki jenjang perguruan tinggi memang biasanya memiliki hambatan bagi anak-anak lingkup masyarakat yang kurang mampu. Namun, saat ini pemerintah memberikan harapan untuk meneruskan belajar bagi anak-anak yang tidak bisa membiayai perkuliahannya dengan KIP Kuliah.

Sebelumnya, pemerintah memberikan bantuan bagi para pelajar di beberapa jenjang melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan, serta kesempatan belajar kepada peserta didik. Nah, bagi mahasiswa ternyata dapat menggunakan KIP Kuliah untuk bisa mendapatkan fasilitas seperti PIP.

Baca juga: Tips dan Cara Lolos KIP Kuliah 2022, Wajib Catat! Ini Solusi Untuk Kamu yang Butuh Biaya Kuliah

Baca juga: Simak Cara Menghitung IPK SMK Terbaru 2022, Untuk Keperluan Daftar Kuliah Hingga Kerja

Baca juga: Ini Dia Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi 2022, Bisa Capai Lebih dari 80 Juta Per Bulan

Berdasarkan UU no 12/2012 tentang pendidikan tinggi, pemerintah telah memberikan kemudahan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan, serta kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial.

Pada program untuk perguruan tinggi memiliki pembahasan yang direalisasikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.  Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) adalah bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bantuan ini berlaku bagi mereka yang lolos melalui jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan Ujian Mandiri di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Bagi kamu yang ingin menggunakan KIP untuk berkuliah, kamu dapat memperhatikan beberapa syarat dan cara lolosnya berikut ini.

Syarat Penerima KIP Kuliah 2022

Berikut beberapa syarat penerima KIP Kuliah 2022.

– Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat yang lulus pada tahun 2022, 2021, dan 2020.

– Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk, di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ataupun swasta (PTS) pada program studi yang telah terakreditasi.

×