Diagram Kartesius: Pengertiam, Cara Membuat, Simak Juga Beberapa Contoh Soalnya!

by

OTONITY.com – Matetamtika merupakan salah satu materi yang terdapat pada saat menempuh pendidikan mulai dari sekolah dasar samapi perguruan tinggi. Diketahui bahwa matematika ini memiliki beberpa amanfaat untuk berbagai macam kegiatan pada manusia termasuk dalam perhitungan.

Dimana dalam ilmu matematika ini terdapat penjelasan mengenai kartesius atau diagram akrtesius. Kartesius sendiri ini merupakan perumusan dalam ilmu matematika yang didalamnya memiliki peranan penting dalam kombinasi dari aljabar dan geometri sampai nantinya akan menghasilkan Descartes, koordinat Cartesian, dan yang memiliki pengaruh besar dalam pengembangan geometri analitik.

Baca Juga: Rumus Gaya Gesek Kinetis Statis dan Contoh Soal: Lengkap Beserta Definisi Sekaligus Penyelesaiannya

Baca Juga: Rumus Gaya Gesek pada Bidang Datar Lengkap Dengan Contoh Soal Sekaligus Pembahasannya: Materi Fisika

Baca Juga: Contoh Soal Trial Test BUMN Free Download Tahun 2022 PDF, Dijamin Persiapan Jauh Lebih Mantap!

Dimana dalam artikel kali ini akan menjelaskan pengertian, cara membuat, sampai dengan contoh soal dari diagram kartesius. Nah untuk mengtahui lebih jelasnya sialhkan kamu simak penjelasannya seperti dibawah ini.

Pengertian Diagram Kartesius

Dimana dalam artikel kali ini akan menjelaskan mengenai diagram kartesius untuk sistem koordinat kartesius dua dimensi saja. Sistem koordinat kartesius dua dimensi ini adalah dua sumbu yang saling tegak lurus dan terletak pada suatu bidang xy. Dimana sumbu vertikal y dan horizontalnya x.

Lalu kedua sumbu terseut akan berpotongan pada sutu titik yang akan diberi nama O. Disetia sumbu memiliki panjang unit yang ditandai dan nantinya membentu sejenis grid. Perlu kamu ketahui bahwa urutan antara x dan y dalam (x,y) tidak boleh dibalik.

Cara Membuat Diagram Kartesius

Nah untuk kamu yang masih bungung dalam menentukan diagram kartesius, maka kamu dapat mengikuti beberapa langkah – langkah dibawah ini yaitu:

1) Tentukan nilai x

2) Buat beberapa koordinat (x, y)

3) Gambarkan titik-titik pada bidang Kartesius

4) Gambar kurva atau garis

Contoh Soal

1) Ambillah contoh soal, di mana Anda diminta untuk menggambarkan grafik dari persamaan y = x2 – 2 pada bidang Kartesius. Untuk menjawabnya, pahami langkah berikut ini.

Jawabab:

Pilih nilai x.

Terserah kamu ingin memilih nilai apa, tapi ada baiknya gunakan angka yang mudah untuk dihitung.

Masukkan nilai x pada persamaan.

Kamu harus mengganti “x” dalam persamaan y = x2 – 2, dengan angka yang sudah dipilih sebelumnya. Misalnya, -2, -1, 0, 1, 2. Maka, nilainya menjadi 2, -1, -2, -1, 2.

Buat tabel

Untuk cara yang ini hanya opsional saja, akan tetapi adanya cara ini sangat membantu dalam memperjelas angka pada sumbu x maupun y.

Plot titiknya

Berpedoman pada angka sebelumnya, berarti titik-titik yang tersedia ada (-2, 2), (-1, -1), (0, -2), (1, -1), dan (2, 2).

Gambar grafik atau garis dari titik-titik tersebut.

×