Daftar Biaya Kuliah di Universitas Terbuka, Terkenal Murah dan Ternyata Banyak Pilihan Fokus Keilmuannya

by

OTONITY.com  – Universitas Terbuka menjadi salah satu jenis kampus yang ada di Indonesia dan sering dilirik bagi mahasiswa yang ingin kuliah dengan mudah. Berkuliah di UT, biasanya sistem pembelajaran lebih fleksibel dan tidak menganggu aktivitas mahasiswa yang notabene padat seperti mahasiswa yang sedang bekerja.

Nah, jika kamu tertarik mengetahui lebih dalam mengetahui Universitas Terbuka dan berapa biaya yang diperlukan untuk kuliah di sini, kamu dapat simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Baca juga: Terkait Kebohongan Mayang yang Belum Diterima, Dosen FKG Universitas Moestopo Ikut Angkat Bicara!

Baca juga: Link Pengumuman Hasil SBMPTN 2022 Palsu! Kocak Banget Bisa Daftar ke Universitas Peternakan Lele

Baca juga: Akreditasi Jurusan Universitas Gadjah Mada Untuk Pendidikan Vokasi D3 dan D4, Siap-siap jadi Ahli Madya!

Perguruan tinggi negeri yang diresmikan pada 4 September 1984 ini memiliki sistem terbuka yakni tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian.

Dalam pemberitaan mengenai kualitas di Universitas Terbuka, perlu diketahui bahwa UT kini sudah diakui secara nasional dengan mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Diketahui pula bahwa kampus UT juga tidak hanya hadir di satu wilayah saja, melainkan berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi UT yakni ‘Menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas dunia’.

Biaya Kuliah di Universitas Terbuka

Sebelumnya, perlu diketahui bahwwa biaya kuliah di Universitas terbuka (UT) ada 2 (dua) jenis, yaitu Skema SIPAS atau paket per semester dan Skema Non (SIPAS) atau per SKS.

SIPAS adalah layanan paket matakuliah setiap semester beserta bahan ajarnya. Mahasiswa yang mengambil SIPAS akan mendapatkan paket matakuliah dan bahan ajarnya disetiap semester.

Jadi, mahasiswa SIPAS tidak perlu melakukan registrasi matakuliah karena telah registrasi secara otomatis disetiap semesternya.

Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online.

Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.

– SIPAS Non TTM, yaitu sistem paket semester non tutorial tatap muka. Biaya mulai dari Rp 1.150.000 sampai Rp 2.000.000

– SIPAS Semi, yaitu sistem paket dengan TTM wajib maksimal 3 matakuliah paket. Biaya mulai dari Rp 1.600.000 sampai Rp 2.600.000

– SIPAS Penuh, yaitu sistem paket dengan TTM wajib seluruh matakuliah. Biaya mulai dari Rp 1.900.000 sampai Rp 3.300.000

– SIPAS Plus, yaitu sistem paket yang meliputi TTM wajib seluruh matakuliah dan pelatihan pengembangan diri. SIPAS Plus diperuntukkan bagi mahasiswa program beasiswa atau kerjasama. Biaya mulai dari Rp 2.400.000 sampai Rp 3.400.000

– SIPAS Online, yaitu sistem paket Full Online yang meliputi praktik/praktikum online dan UAS online. SIPAS Online hanya ditawarkan untuk program studi S1: Manajemen, Matematika, Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris bidang Minat Penerjemahan. Biaya Rp 1.950.000

Rincian biaya uang kuliah di UT dengan skema SIPAS disajikan pada tabel berikut.

×