Simak 3 Perbedaan Soft Skill dengan Hard Skill, Berikut Contoh Nyata Dalam Kehidupan Sehari-hari!

by

OTONITY.com – Dimana dalam melamar suatu pekerjaan, pastinya kita mencantumkan hard skill dan juga soft skill didalam CV agar perekrut tahu bahwa kita memenuhi requirements yang telah diajukan oleh perusahaan yang dilamar itu.

Akan tetapi tidak sedikit orang yang masih bingun mengenai kedua hal tersebut. Bahkan ada yang menganggap kedua hal itu sama padahal aslinya kedua hal ini sangatlah berbeda. Nah agar kamu bisa mengerti perbedaan kedua hal itu kamu bisa baca artikel ini sampai habis.

Baca Juga: Genre Yuri / Shoujo-Ai Adalah: Berikut Pengertian, Perbedaan, dan Rekomendasi Judul Animenya

Baca Juga: Perbedaan Herpes Zoster dan Herpes Simplex, Sering Dikira Sama Padahal Berbeda!

Baca Juga: Berikut Perbedaan HP Oppo A3s cph1803 dan cph1853, Masih Banyak Orang yang Tidak Tahu!

Dimana dalam artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan antara Hard skill dan Soft skill beserta contoh nyatanya. Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya seperti dibawah ini.

Pengertian Soft Skill dan Hard Skill

Hard Skill adalah Suatu keterampilan maupun pengetahuan khusus yang dibutuhkan utnuk sebuah pekerjaan. Dimana setiap pekerjaan membutuhkan kemampuan yang berbeda – beda. Semua tergantung pekerjaan apa yang sedang dijalani. Selain itu hard skill ini juga bisa dipelajari dan terukur.

Soft Skill adalah Suatu atibut pribadi atau yang umumnya disebut dengan kemampuan interpersoinal yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Dimana soft skill ini menunjukkan bagaimana cara kamu berinteraksi dengan orang lain. Dalam artian lain soft skill ini adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh pekerjaan apapun.

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill

Dimana keduah hal antara Soft Skill dan Hard Skill ini sangat berbeda, maka keduanya memiliki perbedaan yang cukup spesifik. Berikut ini adalah tabel perbedaan antara Soft skill dengan Hard Skill yaitu:

Hard Skill

Soft Skill

Merupakan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik. Contohnya: programming dan mampu berbicara bahas asing Merupakan kualitas pribadi seseorang. Contohnya: komunikasi dan juga kepemimpinan.
Dapat dipelajari dan lebih terukur Bersifat pribadi dan subjektif. Sulit untuk diukur
Dapat juga dibuktikan dengan adanya ijazah, sertifikat, maupun penghargaan. Sulit juga untuk dibuktikan karena terkait dengan karakteristik setiap Individu

Contoh Nyata Dalam Sehari – Hari

Nah jika sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa perbedaan antara soft skill dan hard skill, maka selanjutnya adalah contoh nyata kedua hal tersebut agar dapat memberikan penjelasan yang lebih untuk kamu dalam mengetahui perbedaan antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa contoh antara soft skill dan juga hard skill yaitu:

Contoh Hard Skill

Contoh Soft Skill

– Bahasa pemrograman (C++, Java, JavaScript, Phyton)

– UI/UX Design

– Keamanan jaringan

– Kemampuan berbahasa asing (bilingual/multilingual)

– SEO/SEM marketing

– Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)

– Copywriting

×