Cara Kerja Neraca Ohaus Salah Satu Alat Ukur, Simak Juga Cara Baca Sampai Kalibrasinya!

by

OTONITY.com – Diketahui bahwa sejarah nama dari ohaus balance berasal dari salah satu merek produksi sebuah perusahaan di Amerika Serikat bernama OHAUS Corporation. Didirikan pada tahun 1907, perusahaan ini mempelopori timbangan untuk industri laboratorium, pendidikan, dan farmasi. Alat ukur ini umumnya digunakan untuk pengukuran laboratorium.

Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara – cara dalam penggunaan neraca ohaus mulai dari cara kerja atau prinsip kerja neraca tersebut sampai dengan cara kalibrasi dan cara bacanya. Untuk mengetahui lebih jelasnya dapat kamu simak penjelasannya seperti dibarah ini.

Baca Juga: 1 Kg Berapa Gram? Begini Cara Menghitungnya di Luar Kepala, Harus Paham Konversi Satuan Berat

Baca Juga: Contoh-Contoh Sikap Tenggang Rasa dalam Kehidupan di Sekolah Sehari-Hari

Baca Juga: Bagian Bagian Mikrometer Sekrup dan Penjelasan Fungsinya Lengkap

Cara Kerja Neraca Ohaus

Keseimbangan Ohaus bekerja berdasarkan prinsip keseimbangan benda tegar, lebih tepatnya prinsip momen. Secara sederhana keseimbangan ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu lengan beban, tumpuan dan lengan pemberat. Momen atau momen adalah hasil kali lengan gaya dan gaya yang arahnya tegak lurus. Pada umumnya gaya dengan lengan vertikal adalah berat benda (wBob) dan berat pemberat (wBaast). Jika sistem dalam keadaan setimbang, maka:

– Torsi benda = Torsi pemberat

– Lengan beban x berat beban = lengan pemberat x berat pemberat

×