Penjelasan Neraca Ohaus: Pengertian, Jenis, Fungsi, Sampai dengan Bagian-Bagiannya!

by

OTONITY.com – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan sehari-hari alat timbang berupa timbangan/timbangan yang sebagian besar terdapat dalam perdagangan tradisional.

Penggunaan timbangan digunakan untuk menimbang barang agar diperoleh ukuran yang sesuai. Salah satu neraca yang sering digunakan adalah neraca Ohaus presisi tinggi. Jadi apa itu neraca Ohaus?

Baca Juga: Ketahui 7 Penemuan Nikola Tesla yang Sangat Membantu Berbagai Segi Kehidupan, Salah Satunya Radio Sebagai Alat Komunikasi!

Baca Juga: Cara Membaca Skala Hasil Pengukuran Neraca Ohaus, Berikut Penggunaan Lengkapnya!

Baca Juga: Cara Kerja Neraca Ohaus Salah Satu Alat Ukur, Simak Juga Cara Baca Sampai Kalibrasinya!

Oleh karena hal itu dalam artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa penjelasan neraca ohaus mulai dari pengertian, fungsi jenis – jenis, sampai bagian – bagiannya. Langsung saja samak penjelasannya seperti dibawah ini.

Pengertian Neraca Ohaus

Neraca Ohaus adalah alat ukur yang dapat menghitung berat (massa) suatu benda berdasarkan lengan dan tangan timbangan yang ada. Timbangan Ohaus digunakan untuk mengukur berat (massa) benda dengan kapasitas beban maksimum 311 gram dan ketelitian 0,01 gram. Sejarah nama ohaus balance berasal dari salah satu merek produksi sebuah perusahaan di Amerika Serikat bernama OHAUS Corporation.

Didirikan pada tahun 1907, perusahaan ini mempelopori timbangan untuk industri laboratorium, pendidikan, dan farmasi. Alat ukur ini umumnya digunakan untuk pengukuran laboratorium. Biasanya, perhitungan dengan neraca Ohaus menggunakan satuan gram. Anda dapat mengubah kemampuan pengukuran keseimbangan ini dengan memindahkan posisi beban, yang bertumpu pada lengan keseimbangan.

Fungsi Neraca Ohaus

Fungsi neraca ni yang utama adalah sebagai media pengukur dan juga pembanding massa sebuah benda dengan beban maksimal 311 gram. DImana alat ukut ini pada umumnya digunakan pada industri farmasi dan laboratorium.

Nah selain fungsi utama, nerca ini juga memiliki beberapa fungsi dan juga kegunaan lainnya. Berikut ini adalah beberpaa fungsi lain dari alat ukur tersebut yaitu:

×